4 Media Manam yang Baik untuk Anggrek Bulan Patut Dicoba

4 Media Manam yang Baik untuk Anggrek Bulan Patut Dicoba. Hai sobat berkebun, khususnya pecinta anggrek kali ini saya ingin berbagi pengalaman mengenai media tanam yang baik untuk anggrek bulan yang pernah saya gunakan, dan media lain yang mungkin akan saya coba tahun depan.

 4 Media Manam yang Baik untuk Anggrek Bulan Patut Dicoba

Semua anggrek bulan saya tanam didalam pot, medianya pernah saya ganti-ganti sambil eksperimen mencari media tanam anggrek yang paling cocok dengan keadaan saya tinggal di negara 4 musim.

  1. Arang kayu sebagai media tanam anggrek bulan. Arang bersifat kering, tidak mudah menyerap air, sehingga perlu penyiraman lebih sering untuk menjaga kelembaban medianya.

Pada dataran rendah media anggrek yang menggunakan arang kayu biasanya disiram dua kali sehari. Saya sendiri sampai saat ini belum pakai arang sebagai media arang karena di Jerman kelembapan udaranya sangat rendah, kalau saya pakai arang anggreknya akan lebih kering lagi.

Saya kepikiran mencoba media arang ini karena kandungan/nutrisi arang yang juga bagus untuk tanaman anggrek. Saya sudah mencari tahu dimana di Jerman sini bisa mendapatkan arang yang khusus untuk media anggrek.

    1. Spagnum moss kadang disebut juga moss putih sebagai media tanam anggrek bulan. Moss putih ini bagus untuk menyimpan air, sehingga anggrek bulan tidak perlu disiram setiap hari. Anggrek bulan juga suka media yang lembab namun tidak becek dan jangan terlalu lembab/basah juga ya.
    2. Coco chips/ coconut husk untuk anggrek/ cacahan sabut kelapa sebagai media tanam anggrek bulan

Baca juga: 5 Cara Jitu Mengusir Semut Pada Bunga Anggrek

Video mengenai media anggrek dengan coco chip klik Sabut Kelapa Coconut Husk untuk Media Anggrek dan Keadaan Anggrek Bulan Pakai Sabut Kelapa Coco Chips

Saya mencoba pakai Coconut Husk Chips karena sabut kelapa lebih bagus menyerap dan menyimpan air, ketimbang sphagnum moos dan cacahan kayu pinus yang saya gunakan selama ini.

Hal ini saya tahu saat mau membeli anggrek cattleya bentuk seedling, ternyata di olshpnya di jual Coconut Husk Chips.

Sebelum digunakan metan coco chips ini harus direndam air dulu 1-2 hari karena ada kandungan garam dan Tanin (zat anti gizi).

Zat Tanin ditandai dengan warna merah bata yang keluar saat serabut kelapa direndam air. Sebelum Coco chips digunakan rendam air selama sehari atau di rebus sampai warna merah yang keluar berkurang.

Tanin pada sabut kelapa adalah salah satu dari beberapa zat yang terkandung di dalam sabut kelapa. Zat tanin pada sabut kelapa dapat menghambat pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman anggrek yang ditanam disabut kelapa menjadi kerdil, bahkan mati.

Selain ada kandungan tanin, coco chip memiliki konsentrasi garam yang tinggi (terutama jika pohon kelapanya tumbuh dekat dengan laut). Tanaman Epifit dalam hal ini anggrek sensitif terhadap garam.

Jadi diperhatikan juga kalau anggrek kamu mulai terlihat aneh pertumbuhannya, kalau saya perhatikan hal tidak baik terjadi pada anggrek kasut/papdhiopedilum, tumbuh bercak hitam pada daun dan bagian dekat akar, saya lihat tanamannya juga tidak sehat.

  1. Cocopeat serbuk serabut kelapa untuk media anggrek. Serabut kelapa yang sudah disterilisasi. Cocopeat bersifat baik menyimpan air. Bentuk cocopeat ini sudah hamper mirip tanah, halus sekali serbuk sabut kelapanya, saya belum pernah menggunakannya, jadi belum bias berikan review bagus atau tidak, kemungkinan tahun depan ingin saya coba cocopeat untuk anggrek.Penanganan cocopeat sebelum digunakan sama ya dengan coco chips karena sama asalnya dari sabut kelapa mengandung zat tanin.

Video Media Tanam Anggrek Bulan yang Bagus

 

Demikianlah pengalaman saya mengenai 4 Media Manam yang Baik untuk Anggrek Bulan Patut Dicoba, jika kamu sedang mencari media tanam untuk anggrek juga semoga terbantu ya.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini ­čÖé .

Oh iya jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Baca juga: Suka Bunga Anggrek? Ayo Mengunjungi Taman Anggrek Ragunan

error: Content is protected !!
Read more:
Close