5 Cara Jitu Mengusir Semut Pada Bunga Anggrek

5 Cara Jitu Mengusir Semut Pada Bunga Anggrek. Kalau dirumahku di Jerman, saya tidak pernah menjumpai semut berada pada koleksi tanaman anggrekku, nah pas liburan di Indonesia oalah ternyata banyak semut suka yaa dengan bunga anggrek.

5 Cara Jitu Mengusir Semut Pada Bunga Anggrek

Entah kenapa ko semut-semut lebih suka pada anggrek gramma, sedangkan anggrek paphiopedilum, dan aneka seedling dan remaja dendrobium dan catleya tidak terlalu banyak disemuti. Pada anggrek Gramma Papua yang paling dasyhat deh, dijadikan sarang semut rangrang.

Berikut ini tips membasmi atau mengusir semut pada tanaman anggrek, saya membaca informasinya dari forum BTPA (Berbagi Tips Perawatan Anggrek) https://www.facebook.com/groups/219450501961866/ dan dari google:

5 Tips Ampuh Mengusir Semut Pada Tanaman Anggrek:

  1. Menggunakan Larutan Bawang putih, makanya dibuat pupuk BMBP, selain sebagai pupuk penumbuh Tunas dan anti jamur, juga pengusir semut.

Air cucian beras memang bagus untuk anggrek, namun kalau hanya air cucian beras aja, semut bakal datang.. Itulah fungsi BMBP (bawang merah bawang putih), selain sebagai Penyehat akar dan pembungaan, bawang putih selain bakterisida juga bikin semut kabur.

Kalau tertarik juga mengenai POC bisa tonton videku ini : POC Air Leri dan BMBP Menyuburkan Anggrek Seedling

  1. Perasan Air lemon dan air, perbandingan 1 : 3, selain campuran ini berguna sebagai membersihkan daun, juga dapat usir semut.
  2. Serbuk Kayu manis, selain pengering luka akibat potomgan cutter dari system krek anggrek, juga berfungsi sebagai pengusir semut. Saya buktikan sendiri tips ini pada media anggrek gramma saya, ternyata sangat ampuh, begitu semut menciut bau kayumanis, langsung kabur. Di forum anggrek ada juga yang berbagi video, dimana media bunga anggrek sangat banyak semut, lalu ditaburi serbuk kayumanis, dalam 2 jam media yang awalnya penuh semut, bersih sama sekali dari semut 😀 .
  3. Cuka. Hanya untuk usir semut, tapi jangan ke media tanam, cukup aplikasikan di luar pot.
  4. Tembakau. Rendam tembakau dengan air sampai berwarna kecoklatan, lalu saring dan semprotan larutannya ke batang dan ke bagian yang banyak semutnya.

Baca juga: Daun Anggrek Bulan Layu dan Keriput Penyebab Berikut Cara Mengatasinya

Oh ya tambahan lagi kata mamaku, bisa pakai kapur bagus juga, ampuh untuk mengusir semut. Kapur di goreskan ditempat jalannya semut atau tempat yang banyak semutnya. Kapur bagus bisa juga digerus/dihancurkan dulu, lalu taburi disekeliling pot anggrek.

Video 5 Tips Ampuh Mengusir Semut Pada Tanaman Anggrek

Video dibuat pada 1 April 2019.

Saya akan update terus perkembangan anggrek-anggrekku. Salam anggrek.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini 🙂 .

Oh iya jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Baca juga: Suka Bunga Anggrek? Ayo Mengunjungi Taman Anggrek Ragunan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close