5 Rahasia Cara Merawat Bunga Mawar Dalam Pot Agar Selalu Berbunga

5 Rahasia Cara Merawat Bunga Mawar Dalam Pot Agar Selalu Berbunga. Hai sobat berkebun selamat datang di blog kebun emaknya Benjamin. Apakah kamu pecinta bunga mawar?. Punya tanaman bunga mawar, nanam mawar dipot atau di lahan langsung kenapa sama saja mawarnya tidak kunjung berbunga?.

5 Rahasia Cara Merawat Bunga Mawar Dalam Pot Agar Selalu Berbunga

Simak 5 tips dibawah ini Cara Merawat Bunga Mawar Dalam Pot Agar Selalu Berbunga:

Tips merawat bunga mawar, agar rajin berbunga, agar berbunga terus menerus.

  1. Tanaman bunga mawar butuh sinar matahari langsung, butuh full sun setiap harinya. Butuh paparan sinar matahari langsung, supaya tanamannya bisa melakukan proses fotosintesa dengan baik.

Menyerap energi, menyerap nutrisi dari pancaran sinar matahari, sehingga nantinya menghasilkan kuntum bunga yang cantik. Seperti pada mawar-mawar di video dibawah, wah banyak sekali bunganya. Jadi taruhlah tanaman bunga mawar di lokasi terkena matahari langsung.

  1. Pangkaslah tanaman mawar secara berkala. Kalau daun tanaman mawar sudah terlalu banyak, untuk mendatangkan bunga, pangkaslah daun-daunnya.

Saya ada baca-baca dari internet dan dari majalah juga, bahwa tidak sembarang asal pangkas daun tanaman mawarnya.  Daun yang jumlahnya 3, daun tersebut tidak akan menghasilkan tunas untuk bakal bunga.

Jadi daun yang jumlahnya 5 sampai 7 helai dibiarkan, dan daun yang jumlahnya 3 dipotong/dibuang/dipangkas. Rajin dipangkas ya mawarnya, jadi kalau daun-daunnya terlalu rimbun dan jarang bunganya, perlu dipangkas. Pangkaslah tanaman bunga mawar kamu, supaya bakal bunganya banyak yang keluar.

  1. Tanaman bunga mawar perlu sirkulasi udara yang bagus. Jadi taruhlah tanaman mawar ditempat yang bagus sirkulasi udaranya, ditempat terbuka.

Oh ya termasuk juga pot mawarnya, harus mempunyai sirkulasi yang bagus, misal ada bolongan pada bagian bawah pot. Seperti tanaman mawar saya dibalkon, penempatannya terhalang dengan tembok disekelilignya, hal tersebut bisa mendatangkan penyakit.

Trik mengatasi penyakit pada mawar, seperti daunnya yang kecoklatan, berkarat atau penyakit jamur lainnya pada mawar, gunakan campuran 100 ml susu sapi segar, campur dengan 900 ml air, kocok sampai homogen, lalu semprotkan pada daun tanaman mawar yang bermasalah.

Baca juga: Tips Mengatasi Jamur Pada Tanaman Bunga Mawar

  1. Pupuk tanaman mawar secara teratur. Kalau tanaman kurang pupuk, kurang nutrisi, tentu saja tanaman kita tidak akan berbunga dengan maksimal. Pupuk teratur, kasih pupuk npk teratur untuk tanaman mawarmu.

Tanaman mawar termasuk yang rakus pupuk, kalau kamu baru membeli tanaman bunga mawar, dan bunganya besar-besar, lalu kurang nutrisi, kurang dipupuk akan menyebabkan bunganya menjadi kecil.

kalau bunga mawar kamu baru beli bunganya besar, ko jadi kecil, nah triknya adalah beri pupuk yang cukup. Saya pernah punya pengalaman pribadi, pas datang mawar david austinku besar-besar bunganya, setelah beberapa bulan, berbunga kembali, tapi ukuran bunganya jadi kecil, lalu saya berikan pupuk npk lagi, dan kembali besar lagi saat numbuh bunga yang baru.

  1. Siramlah tanaman bunga mawar secara teratur. Kalau tanaman mawarmu dehidrasi atau kurang penyiraman akan membuatnya layu.

Tanaman bunga mawar tahan full sun dan full rain. Tahan kena matahari dan langsung dan tahan kena hujan juga.  Namun ya kalau saat mekar sempurna kuntum bunganya kena air hujan, akan membuat bunganya cepat layu.

Tips lainnya kalau mau membuat tanaman bunga mawarmu subur, bunganya rajin keluar, berikanlah potongan kulit pisang ke media tanamnnya. Kandungan potasium pada kulit pisang bagus untuk menyuburkan tanaman bunga mawar.

Saya juga memberikan sejumput dan jumput ampas kopi. Ampas kopinya saya diamkan dulu semalaman, supaya kandungan koffeinnya tidak terlalu keras (tinggi).

Jangan berikan ampas kopi secara berlebihan, karena saya pernah mengalami daun-daun mawarku jadi kuning semua setelah dua hari kemudian. Hal tersebut karena overdosis, terlalu tinggi kadar koffeinnya.

Saya juga memberikan ampas teh untuk tanaman bunga mawar.

Mawar yang bunga tidak berlapis, ada benang sarinya merupakan sumber makanan lebah. Berikutnya kalau saya akan membeli tanaman mawar lagi, tidak yang dobel flower/berlapis bunganya, memang terlihat cantik yang berlapis bunganya, namun jadi tidak menjadi sumber makanan untuk lebah karena tidak ada benangsarinya.

Video 5 Tips Cara Merawat Bunga Mawar Dalam Pot Agar Rajin Berbunga dan Besar Bunganya

 

 

Berdasarkan pengalaman saya, menanam dan merawat tanaman bunga mawar dipot itu, membutuhkan pupuk yang maksimal, namun kalau punya lahan dan mawar ditanam di tanah langsung akan lebih bagus.

Kalau tanaman mawar ditanam di tanah langsung, dikebun langsung akan lebih subur dan lebih bagus tanpa perlu memberikan pupuk yang terlalu banyak, karena akar-akar mawar akan lebih leluasa mencari makanan didalam tanah, namun kalau kamu tidak punya lahan langsung bisa juga nanam mawar dipot, namun harus secara rutin diberikan pupuk, supaya nutrisi tanamannya tercukupi dan tanaman mawarnya jadi rajin berbunga.

Demikianlah 5 Rahasia Cara Merawat Bunga Mawar Dalam Pot Agar Selalu Berbunga. Semoga tips yang saya berikan diatas berguna untuk kalian penyuka tanaman bunga mawar. Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan penyuka mawar lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah yaa.

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Mawar Agar Besar Bunganya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close