9 Fakta Menarik Bunga Convallaria Majalis Lily of the Valley

9 Fakta Menarik Bunga Convallaria Majalis Lily of the Valley. Saya suka dengan bunga Lily of the Valley. Suka karena bentuk bunganya yang unik menyerupai lonceng. Bunga ini termasuk bunga yang mahal, jadi saya beli kalau ada diskonan, soalnya kalau mati saya kesel haha. Sebenarnya tanaman ini akan tumbuh subur dan banyak anakannya kalau ditanam ditanah langsung, namun karena saya keburu jatuh cinta dengan bunga ini, jadi ada beberapa kali saya beli tanaman bunga ini walau merawatnya di pot tanaman.

9 Fakta Menarik Bunga Convallaria Majalis Lily of the Valley

Saya pernah bunga membeli bentuk barerootnya, harganya lebih murah yang bareroot ini. Kalau beli hampir akhir musim, tidak sampai seminggu ditanam keluar bunganya 🙂 . Lily of the Valley ini bunganya berwarna putih, ternyata ada pula loh yang warnanya pink.

Akhirnya kesampean beli yang warna pink ini. Beberapa tahun lalu pernah lihat Lily of the Valley bareroot pink namun harganya, ampun deh mahal banget, kalau mati tanamannya, ya saya nangis ingat duitnya haha.

Tahun 2018 ini dimusim semi saya berhasil mendapatkan tanaman Lily of the Valley warna pink Convallaria majalis ‘Rosea’, beli onlie di www.schneckenprofi.de . Harga tanaman bunga lily of the valley nya 5,22 euro (Rp.83.500) ukuran pot 9 x 9 cm. Di Jerman nama Lily of the Valley dikenal sebagai Maiglöckchen.

Convallaria majalis var. rosea. Lily of the Valley warna yang pink
Convallaria majalis var. rosea. Lily of the Valley warna yang pink begini jarang ada, harganya jauh lebih mahal, 3x lipat yang warna putih

9 Fakta Menarik Bunga Convallaria Majalis Lily of the Valley:

  • Lily of the valley (Convallaria majalis) adalah tanaman berbunga yang unik bentuknya, juga sangat beracun, berasal dari belahan utara bumi beriklim sejuk di Asia dan Eropa.
  • Nama lainnya seperti May bells, Our Lady’s tears, and Mary’s tears. Lily of the valley dalam Bahasa Jerman disebut Maiglöckchen karena bunga ini biasanya mekar dibulan Mei.
  • Pada tahun 2014 Lily of the valley dipilih sebagai tanaman beracun di Jerman (plant of the year).
hamparan Lily of the Valley dirumah lama mama mertuaku
hamparan Lily of the Valley dirumah lama mama mertuaku.
Coba saya bongkar dan ambil ya waktu beliau pindahan. Saat itu
saya cuma ambil banyak Iris German dari kebun beliau
  • Tinggi batang tanaman Convallaria majalis hingga 15 – 30 cm, dengan satu atau dua daun yang panjangnya 10-25 cm. Bunganya antara 5-15 helai menjuntai dari batang bagian tengah kedua daunnya.
  • Umumnya bunga Lily of the valley memiliki 6 kelopak bunga putih (warna pink jarang). Bentuk bunganya seperti lonceng dengan diameter 5–10 mm.
  • Ada wanginya (manis). Berbunga diakhir musim semi. Terkadang bisa kita jumpai buahnya (pods) pada musim gugur di bulan September. Bentuk buahnya mirip berry berwarna oranye-merah, dengan ukuran diameter 5-7 mm.

 

Video 9 Fakta Menarik Bunga Lily of the Valley Convallaria Majalis

 

  • Semua bagian tanaman Lily of the valley sangat beracun, termasuk buahnya yang berwarna merah yang mungkin menarik bagi anak-anak. Jika bagian tanaman tertelan, bahkan dalam jumlah kecil dapat menyebabkan sakit perut, muntah, penurunan denyut jantung, penglihatan kabur, mengantuk, dan ruam kulit.
  • Lily of the valley memiliki arti kerendahan hati, kesucian, kemurnian dan konon juga membawa keberuntungan dalam cinta. Bunga ini juga berarti “kembalinya kebahagiaan” itulah alasannya mengapa bunga ini sering digunakan sebagai dekorasi saat pernikahan.
  • Bunga Lily of the valley digunakan juga sebagai bunga tangan saat pernikahan, yang bisa saja harganya sangat mahal. Contoh yang menggunakan bunga Lily of the valley sebagai buket bunga adalah saat Kate Middleton menikah dengan pangeran William, atau ratu Grace dari Monaco juga menggunakan Lily of the valley sebagai bunga tangan saat pernikahannya.

 

Baca juga: 5 Tips Cara Perawatan Tanaman Lidah Buaya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close