Agastache Rugosa Blue Fortune Bunga Mirip Lavendel

Agastache Rugosa Blue Fortune Bunga Mirip Lavendel. Hai sobat berkebun, saya mau kasih lihat bunga unik yang numbuh di kebun balkon saya. Awalnya saya tidak tahun nama bunga warna biru ini, saya lihat bentuk bunganya mirip bunga lavendel. Setelah beberapa bulan bulan mekar, secara tidak sengaja saya ketemu namanya saat mau belanja online media tanam tanaman.

Agastache Rugosa Blue Fortune Bunga Mirip Lavendel

Nama bunganya adalah Agastache, di Jerman disebut Duftnessel. Nama lainnya yang dikenal dalam bahasa Inggris adalah Hummingbird mint, Purple giant hyssop, Korean Mint dll banyak nama lainnya lagi. Sesuai namanya Korean Mint, bunga ini memang bau mint dan tanaman Anis. Saya menanam bunga ini dari benih/bibitnya tahun lalu (tahun 2017) dan baru muncul bungan setahun kemudian yakni tahun 2018 ini.

Mekar sempurna Korean Mint Agastache Rugosa Blue Fortune
Mekar sempurna Korean Mint Agastache Rugosa Blue Fortune. Bunganya bertahan lama sampai musim gugur

Saya beli bibit bunga campuran khusus tanaman/bunga yang ada wanginya, eh ternyata salah satunya adalah bunga Agastache ini. Jenis yang saya miliki adalah Agastache Rugosa Blue Fortune, sesuai Namanya warna bunganya biru.

Bunga unik mirip bunga lavendel
Aneka bibit bunga-bunga yang ada harumnya, yg kutanam numbuh Agastache Rugosa Blue Fortune

Ternyata ada warna lain dijual dipasaran yakni warna merah dan hitam, yang hitam ini sih sebenarnya tidak hitam bunganya, entah kenapa dinamakan Agastache Rugosa Black Adder. Bunga tanaman ini sumber makanan untuk lebah dan kupu-kupu, dan burung kolibri (hummingbird). Burung kolibri umumnya banyak di Amerika,  saya belum pernah melihatnya kalau di Jerman sini. Predator baik yang mampir ke kebun balkonku untuk mengisap sari bunga Agastach adalah hanya lebah dan kupu-kupu.

Video Si Biru Korean Mint Agastache Rugosa Blue Fortune

 

Baca juga: Laburnum Pohon Unik Golden Rain yang Mirip Wisteria

Sumber bacaan:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close