Akar Terkena Jamur Penyebab Kuntum Bunga Anggrek Bulan Rontok

Akar Terkena Jamur Penyebab Kuntum Bunga Anggrek Bulan Rontok. Dilema kalau dikasih hadiah anggrek bulan dari supermarket, karena penyakitnya selalu sama. Tidak sampai satu bulan bunganya tiba-tiba rontok, kalau didiamkan tidak dibongkar medianya, lalu semua daunnya jadi kuning satu per satu dan lepas dengan sendirinya.

Akar Terkena Jamur Penyebab Kuntum Bunga Anggrek Bulan Rontok

Tahun 2017 saya dapat hadiah anggrek bulan warna kuning, tahun 2018 dapat anggrek bulan phalaenopsis blackjack, keduanya bernasib sama, mati!.

Tonton Video Cantiknya Anggrek Black Jack Phalaenopsis

 

Anggrek hadiah beli bukan dari nursery anggrek tidak bertahan lama:

  • Anggrek sejuta umat
  • Anggrek industri/pabrikan
  • Cepat berguguran bunganya
  • Habis berbunga mati
  • Akar rentan kena cendawan

 

Sehabis berlibur, mama mertua datang mengunjungiku, dikasih anggrek bulan warna putih totol ungu, cantik!, dalam hati agak pesimis karena ingat nasib anggrek hadiah tahun sebelumnya dimana anggrek bulan rontok bunganya.

Bener dong, setelah seminggu kuntum bunga mulai berguguran, yang masih kuncup juga rontok dan ada kerutan halus, seperti dehidrasi/kurang air, padahal saat saya angkat pot (transparan) dalamnya, akarnya masih hijau, yang artinya anggrek bulannya masih belum butuh air, kalau akar anggrek bulan sudah berwarna abu-abu tandanya barulah anggreknya butuh disiram.

Tidak mau bernasib seperti tahun sebelumnya, saya bongkar media tanam anggrek hadiah ini. Ternyata ada beberapa akar berwarna pink, yang merupakan tanda kalau akar anggrek bulannya bermasalah/kena penyakit Root Rot.

root rot akar anggrek bulan kena cendawan
yang warna pink itu akarnya tidak sehat. Akar anggrek bulan kena cendawan istilah Bahasa inggrisnya Root Rot, kalau dibiarkan awalnya kuntum bunga rontok lalu daunnya jadi kuning dan lepas

2 anggrek bulan yang telah tamat riwayatnya, kala itu saya tidak bertindak cepat karena sayang dengan anggreknya yang belum selesai masa berbunganya. Kalau akar anggrek bulan kena cendawan /fungi istilah Bahasa inggrisnya Root Rot didiamkan maka daun anggreknya akan menjadi kuning semua dan akan lepas satu persatu.

Pada kondisi daun sudah lepas semua, ya tidak ada harapan lagi. Untung saat liburan di Indonesia saya ada beli antifungi merek Dithane, jadi setelah anggrek saya bersihkan dari media tanam, lalu saya gunting akarnya yang berwarna pink, saya rendam semua bagian tanaman dalam larutan Dithane. Sebelum menggunakan gunting, disterilkan dulu ya, bisa semprot alkohol atau hydrogen peroksida 3%.

Dithane antifungi berupa serbuk, saya cari tahu takarannya 2 gram untuk 1 L, entahlah apa takarannya benar, karena saya hanya mengira-ngira saja saat mengambil serbuk antifunginya 😀 . Setelah anggrek bulan saya rendam kira-kira 10-15 menit, lalu saya balikkan dengan posisi daun menghadap kebawah, supaya kalau ada air tergenang dibagian tengah daun (crown) akan turun. Anggrek bulannya saya taruh di pot transparan dengan posisi anggrek daun menghadap kebawah, supaya akarnya terkena angin dulu.

 

Saya biarkan anggreknya tanpa media tanama selama 24 jam. Keesokan harinya saya lihat beberapa akar yang awalnya berwarna pink (tandanya sakit) sudah berwarna keperakan/putih. Saya senang, kupikir penyakitnya sudah hilang.

 

Video Anggrek Bulan Hadiah Begini Mati Melulu | Coba Water Culture Orchids

 

 

Saya taruhlah anggreknya di media air (campur sedikit vit. B1) supaya akarnya segar kembali, dan saya memang mau mencoba wco Belgium (water culture orchids ) untuk merawat anggrek bulan yang sakit ini.

 

Demikianlah pengalaman saya mengenai Akar Terkena Jamur Penyebab Kuntum Bunga Anggrek Bulan Rontok, semoga kamu yang punya anggrek bulan dan mengalami hal yang sama dimana angbul kamu busuk akarnya, bisa mendapat pencerahan ya.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini 🙂 .

Oh iya jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

 

Baca juga: 5 Cara Jitu Mengusir Semut Pada Bunga Anggrek

 

error: Content is protected !!
Read more:
Close