Beli Anggrek Online Begini Penanganannya Saat Diterima

Beli Anggrek Online Begini Penanganannya Saat Diterima. Hai sobat berkebun, khususnya pecinta bunga anggrek. Pada postingan ini saya berbagi pengalaman bagaimana saya menangani/merawat anggrek yang baru datang hasil beli online:

Beli Anggrek Online Begini Penanganannya Saat Diterima

 

  • Keluarkan anggrek dari bungkus karton atau koran, lalu angin-anginkan sebentar.
  • Lihat keadaan anggrek-anggreknya, kalau ada yang sakit, kena hama, busuk daun atau busuk akar pisahkan supaya tidak menular.
  • Penanganan anggrek yang sakit, rendam fungisida, lalu angin-anginkan.
  • Anggrek sehat rendam air setengah jam atau rendam vit. B1. Guna vit. B1 bikin segar anggrek yang stres akibat perjalanan jauh.
  • Kalau metan bawaan dari shop mengering, misal spagnum moss, nah rendam air dulu sampai metannya lembek/lunak, jadi mudah dilepas metan dan akar anggreknya.

Baca juga: Daun Anggrek Bulan Layu dan Keriput Penyebab Berikut Cara Mengatasinya

  • Kalau anggrek dalam keadaan baik pas diterima dan belum ada waktu, biarkan saja tidak perlu terburu-buru repotting.
  • Bisa seminggu an kemudian baru direpotting, tidak masalah.
  • Saat diberikan media tanam baru, jangan terllau dalam di tanamannya. Sistem tangkring juga bagus ko, jadi akar anggrek hanya ditaruh di atas metan, nanti klo numbuh akar baru, bakalan numbuh kebawah si akarnya.
  • Jangan dipupuk sampai anggrek numbuh akar baru, nanti bisa gosong kalau dipupuknya berlebih.
  • Jangan kena matahari langsung anggrek baru datang ini, nanti bisa gosong. Bisa taruh dibawah pepohonan atau pakai paranet.

Kalau kamu punya banyak anggrek, dan mau barter atau tukeran anggrek dengan sesama pecinta anggrek, sebaiknya anggrek dikirim dalam keadaan kering, karena dikirim dalam keadaan basah, sangat beresiko anggrek busuk akar dan daun dalam perjalanan.

Baca juga: Daun Anggrek Menguning Inilah 4 Penyebabnya

Video Penanganan Anggrek Baru Datang Hasil Beli Online

Kalau sudah tahu kapan mau dikirim, jangan disiram lagi anggreknya, angin-anginkan bisa lepas metannya. Anggrek tahan ko sampai seminggu tidak disiram.

Anggrek yang nampak dalam video saya antara lain: 4 dendrobium kriwil, 2 cattleya dan 1 vanda. Ketiga jenisnya seedling ukuran remaja.

Senang hatiku, akhirnya bia memiliki anggrek kriwil, dan untuk pertama kalinya saya punya anggrek vanda. Vanda ini tidak perlu media tanam saat dewasa, kalau masih kecil saya perhatikan di nursery anggrek pakai metan vandanya.

Saya akan update terus perkembangan anggrek-anggrekku. Salam anggrek.

Baca juga: Beberapa Lokasi Membeli Bunga di Jerman

2 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close