Berkebun itu Bikin Ketagihan Coba aja kalau tidak Percaya

Berkebun itu Bikin Ketagihan Coba aja kalau tidak Percaya. Halo sobat berkebun saya ingin berbagi tips menanam paling simpel untuk keadaan kepepet alias gardener malas hehe :mrgreen: .

Jadi ceritanya ada pot besar yang nganggur, saya juga lupa bekas nanam apaan. Eh ko awal musim panas ada beberapa tanaman yang numbuh makin hari makin banyak tanamannya dan ko mirip satu sama lain.

Kalau diamat-amati mirip tanaman cabe. Padahal saya merasa tidak pernah menyebar biji cabe di pot tersebut. Berhubung belum punya waktu untuk bongkar pot tersebut ya saya biarkan sajalah toh saya belum butuh potnya untuk nanam sesuatu.

Nah makin hari makin besar tanamannya, daun-daunnya makin besar juga. Akhirnya saya pesimis kalau tanaman-tanaman tersebut adalah cabe, karena cabe daunnya tidak besar-besar kan. Lama-kelamaan saya mikirnya nih pasti tanaman paprika deh.

Saya pernah nanam paprika tidak sukses loh. Lah ini yang merasa tidak pernah nanam, dimasah bodohin aja berhari-hari ko malah sukses, ajaib! haha. Saya menduga nih saat saya mau masak paprika kan biji-bijinya yang buanyak itu pasti saya buang ke sampah nah tidak sengaja kelempar ke pot besar tersebut kali, kemudian turun hujan berhari-hari eh akhirnya subur deh numbuh biji-bijinya.

Saya pernah lihat juga foto nanam tomat ala gardener malas yang bersliweran di internet, tomatnya dipotong dan ditaruh begitu saja di pot diatas media tanam.  Penasaran dong saya memang bakalan sukses begitu? Soalnya kalau saya mau nanam-nama benih tuh penuh perhatian banget hehe.

Berkebun itu Bikin Ketagihan, Coba aja kalau tidak Percaya. Menyemai bibit didalam rumah
Umur satu bulan benih yang disemai, semoga bulan depan bisa taruh luar. Ini mulai penyemaian dimusim dingin jadi pas cuaca bagus bisa dipindah

 

saya semai dulu benihnya diwadah kecil, lalu sampai dipindah dua kali sebelum ke pot akhir. Saya praktek nanam tomat ala gardener malas eh suksesss loh!.

 

Banyak banget biji-biji tomatnya numbuh. Cuma karena saya tidak punya waktu pindahin, saya siram-siram aja terus tidak dipupuk, akhirnya tanaman-tanamannyanya kena spider mites, ya kubuang deh.

Nah kalau kamu nyasar ke blog saya atau channel berkebun youtube saya dan jadi terbersit keinginan mau coba berkebun juga terus bingung mau nanam apaan, mau beli bibitnya dimana?.

Berkebun untuk pemula, cobalah praktek menanam dari yang paling mudah kita temukan dirumah:

  • Nanam cabe, tomat atau paprika. Saya yakin nih kalau ala gardener malas nyebar bijinya dengan banyak terus disiram tiap hari pasti ada banyak yang tumbuh ko biji-bijinya.

 

  • Kalau punya kebun (tanah langsung) bikin tanda saja kalau kamu nyebar biji-biji tomat misalnya. Mau ditanam di pot juga bisa, pakai pot yang besar ya misal ukuran 20 cm ke atas.
  • Sebarlah biji cabe, tomat atau paprika yang banyak. Timbun tipis saja bijinya. Tiap hari disiram, jangan sampai media tanam kering.
  • Kalau pas musim hujan malah bagus ya taruh kena hujan potnya. Cuma kalau tomat jangan kena hujan berhari-hari karena daunnya bakalan busuk. Kalau pengalamanku sih cabe dan paprika yang lebih tahan kena hujan.
  • Untuk tomat iris atau potong tomatnya, bagian yang banyak bijinya taruhlah ditanah, tidak perlu dipisahkan biji dan daging buahnya. Timbun tipis dengan tanah.

 

 

  • Setelah tanaman mulai tumbuh kalau sudah sekitar 5 cm ya siap-siap dipisah, pindah ke pot besar. Untuk tomat akarnya tipis sekali dan padat, bakalan saling mengikat satu sama lain.
  • Cara memisahkannya, rendam potnya supaya media tanam dan akar menajdi lembek. Lalu tepuk-tepuk ringat potnya supaya buyar tanahnya.
  • Kalau media tanam sudah buyar gampang menarik tanamannya. Setelah tanamannya tercabut, celupkan bagian akarnya ke air. Diamkan beberapa saat kurleb ½ menit lalu tanamlah ke pot akhir.
  • Setelah dipindah jangan kena matahari langsung ya beberapa waktu (1 minggu an) karena tanamannya masih dalam proses adaptasi tempat baru, akarnya juga harus kerja ekstra kan, makanya belum tahan kalau kena simat langsung.
  • Setelah tanaman mulai tumbuh besar kasih kena simat pagi dulu, sampai akhirnya nantinya memang cabe, tomat atau paprika kena simat langsung.
  • Paprika berdasarkan pengalaman saya nih gampang di cabut.
  • Saya biarkan sampai tanaman-tanamannyanya agak besar dulu supaya saya bisa melihat mana tanaman terbaik dan mana yang besar atau menghasilkan banyak bunga (bakal buah).

 

 

Karena saya tinggal di negara 4 musim, jadi tidak sepanjang tahun bisa berkebun. Makanya kalau sudah akhir musim panas begini tanaman-tanaman lebih baik dipangkas supaya tidak menghasilkan bunga (bakal buah) yang baru. Supaya tanamannya fokus memberikan nutrisi/mematangkan buah-buah yang awal saja.

Dari begitu banyak paprika di satu pot, akhirnya saya menyisahkan 2 tanaman yang paling besar dan paling banyak terlihat buahnya. Lainnya tanaman yang kecil saya cabut dan buang karena kalau mau dipelihara tidak akan sempat panen nantinya.

Paprika ga sengaja numbuh
Paprika ga sengaja numbuh

Bunga-bunga parika ini nantinya juga akan saya pangkas supaya tidak menghasilkan paprika2 baru lagi. Saya pengen merasakan panen dong 😀 .

Bahagia banget loh saya liat pentil-pentil paprika yang Sudah membulat hehe.

 

Berkebun itu beneran bikin bahagia saat yang kita tanam berbakti alias menghasilkan bunga atau buah.

 

Postingan ini ada pula dalam bentuk audio alias di saluran berkebun saya:

 

Silakan subscribe ke saluran saya diatas karena saya lebih sering update di youtube 😀 .

Semua foto-foto adalah dokumentasi saya sebagai penulis.

Nah selamat mencoba berkebun ya sobat, semoga ikutan ketagihan berkebun juga yaa.

 

Baca juga: Artikel Berkebunku lainnya

error: Content is protected !!
Read more:
Close