Bikin Mupeng Pohon Anggur Vitis Vinifera di Garden Center

Bikin Mupeng Pohon Anggur Vitis Vinifera di Garden Center. Hai sobat berkebun, summer lalu saya jalan-jalan ke garden center, eh ternyata banyak pohon anggur dalam pot. Hanya satu jenis anggur yang dijual kala itu, yakni Anggur Vitis Vinifera.

Bikin Mupeng Pohon Anggur Vitis Vinifera di Garden Center

Anggur Vitis vinifera, adalah spesies Vitis, berasal dari wilayah Mediterania, Eropa Tengah dan Asia barat daya, dari Maroko, Portugal Utara, Jerman Selatan dan Timur dan Iran Utara. Saat ini ada sekitar 5.000 sampai 10.000 jenis anggur Vitis vinifera, namun hanya beberapa yang diperdagangkan secara komersial untuk minuman anggur dan produksi buah anggur.

Selang 10 hari kemudian anak-anak dan saya mampir lagi ke garden center yang sama hehe kita lagi rajin jalan-jalan, padahal tidak beli apapun  😀 . Nah kali ini kita lihat aneka bibit anggur sudah berupa tanaman, dijual dalam pot-pot kecil.

Saya akhirnya punya tanaman anggur dalam pot, horee kesampean juga euy, dari dulu pengen punya, hanya saya bingung mau rambatin kemana. Tanaman anggurnya saya beli online, lagi diskonan kala itu. Hiks pas datang ko hampir semua dedaunannya jelek, putih gitu, ya sudahlah saya pangkas semua, sambil harap cemas apakah akan numbuh bagus atau tidak.

 

Video Pohon Anggur Vitis Vinifera di Garden Center Jerman

 

Mau tahu cara saya menyuburkan pohon/tanaman anggur dalam pot?. Seminggu dua kali saya siram ramuan ajaib yakni air cucian beras yang dicampur bawang merah, bawang putih BMBP. BMBP nya dihancurkan lalu campurkan ke air cucian beras, biarkan semalaman, keesokan harinya saring dan disiramkan ke metan tanaman anggurnya. Girang bangett daun-daun baru cepat numbuh dan saat ini makin subur juga makin banyak sulur rambatannya. Tanamannya tidak perlu diajari ahaha, bisa cari rambatannya sendiri.

Vitis Lakemont Grape Plant
My Vitis Lakemont Grape Plant

Sebenarnya ramuan air cucian beras tersebut sebagai pupuk organik bunga anggrek, ternyata bisa ko diaplikasikan ke tanaman lain. Didalam air cucian beras ada vit. B1 dan di bawang merah ada Giberelin (bahasa Inggris: gibberellin) hormon tumbuhan yang memiliki fungsi untuk perkecambahan, pemanjangan batang, pemicuan pembungaan, bikin akar numbuh banyak deh.

Selanjutnya saya akan update lagi ya perkembangan tabulampot anggur pohon saya.

 

Baca juga: Bunga Warna Hijau yang Unik Jarang Ada

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close