Bunga Musim Semi yang Terlambat Bermekaran

Bunga Musim Semi yang Terlambat Bermekaran. Karena cuaca dingin yang ekstrim, maka aneka bunga musim semipun terlambat bermekaran. Sampai postingan ini dibuat masih dalam hitungan jari, terlihat tulip yang bermekaran. Bunga yang pertama kali bermekaran menyambut musim semi adalah bunga lonceng atau snowdrop dalam bahasa Jerman disebut Schneeglöckchen. Bunga lonceng ini mekar disaat winter, sejak bulan Februri sudah ramai bermekaran.

Disepanjang jalan ke TK tempat jagoanku bersekolah ada 2 tempat kulihat banyak bunga lonceng numbuh. Saya juga menanam bunga snowdrop ini, sayangnya hanya satu yang mekar, ampun dah! 🙁 , padahal bibit umbinya mahal, susah pula berbunganya, makanya kalau saat itu tidak diskon 50% bibitnya saya tidak akan mmbelinya hehe.

Bunga Musim Semi yang Terlambat Bermekaran
Bunga Musim Semi yang Bermekaran disekitarku

 

Setelah hampir 3 minggu, bunga lonceng berangsur-angsur kehilangan keindahannya, munculah aneka bunga krokus berwarna-warni. Mulai warna kuning, putih, biru,atau kombinai ketiga warna tersebut dengan coraknya yang indah.

Di kebun balkon saya tahun ini bunga-bunga krokus sukses bermekaran, hatiku bahagia sekali. Krokus yang putih aduhai cantiknya. Bunga krokus ini akan mekar, terbuka kelopaknya kalau matahari bersinar cerah, sedangkan sore harinya atau saat hari mendung krokus tetap menguncup. Niatnya saya mau membuat postingan khusus bunga krokus ini 😉 .

Selanjutnya yang bermekaran adalah si kuning bunga-bunga daffodil atau dikenal juga sebagai bunga Narssisus menyambut musim semi sekaligus bunga ini sebagai simbol bunga saat Paskah.

Jangan bingung ya kalau ada yang menyebutnya daffodil, dan ada gardener lain mengatakan bunga Narssisus, apa bedanya?. Narcissus adalah nama Latin atau nama botaninya bunga daffodil, katanya asosiasi daffodil Amerika, kalau bukan untuk keperluan ilmiah sebaiknya menyebutnya Daffodil.

Video Bunga Musim Semi yang Bermekaran disekitarku

Di kebun balkonku bunga daffodil belum ada yang bermekaran, baru terlihat bakal bunganya saja. Tahu tidak, padahal saya sudah menaruh potnya di greenhouse(GH) supaya bunga daffodil ini tidak terkena hujan terus menerus, hmm ternyata malah jadinya kurang air, terlihat ujung-ujung daunnya kering dan berwarna coklat.

Bunga daffodil ini kalau terkena hujan terus menerus maka umbinya bisa busuk, itulah mengapa saya menaruhnya di GH. Berarti tahun depan perlu diperhatian ditambah penyiramannya. Cerita detail kebunku menyusul kemudian ya, saat ini mau cerita bunga-bunga di jalanan dulu 😉 .

Baca juga: Aneka Bibit Bunga Musim Panas Incaranku

Warna bunga tulipnya bagus sekali. Nih bunga tulip pertama yang saya lihat mekar di kebun orang
Warna bunga tulipnya bagus sekali. Nih bunga tulip pertama yang saya lihat mekar di kebun orang. Sepertinya jenis wild tulip.

Sampai akhir Maret salju masih turun, saya masih ingat hari itu 18 dan 19 Maret 2018 salju turun dengn derasnya, diikuti pula dengan temperatur dibawah nol derajat, akibatnya satu tananaman mawar dan dua tambulapot raspberry sayapun mati. Mawar David Austin saya tidak bertahan hidup, batangnya menghitam semua, sedangkan tiga mawar lagi semoga kuat bertahan hidup.

 

Baca juga: Berkebun itu Bikin Ketagihan, Coba aja kalau tidak Percaya

 

Subscribe Kebun Emaknya Benjamin on youtube:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close