Bunga Tasbih Canna Indica di Jerman Bijinya digunakan untuk Perhiasan dan Alat Musik

Bunga Tasbih Canna Indica di Jerman Bijinya digunakan untuk Perhiasan dan Alat Musik. Canna (atau canna lily, meskipun bukan termasuk jenis lily sejati) adalah genus dari 10 spesies tanaman berbunga. Di Indonesia Canna dikenal juga dengan nama bunga Tasbih.

Bunga Tasbih Canna Indica di Jerman Bijinya digunakan untuk Perhiasan dan Alat Musik

Tanaman lain yang punya hubungan dekat dengan cannas adalah keluarga dari ordo Zingiberales, yaitu Zingiberaceae (jahe), Musaceae (pisang), Marantaceae, Heliconiaceae, Strelitziaceae, dll

Canna adalah satu-satunya genus dalam keluarga Cannaceae.

Tanaman hias bunga Canna memiliki dedaunan besar dan hortikultura telah mengubahnya menjadi tanaman taman berbunga besar. Tanaman Canna juga digunakan dalam pertanian sebagai sumber yang kaya akan pati untuk konsumsi manusia dan hewan.

Manfaat tanaman bunga Canna di Australia dikenal sebagai penghasil tepung. Rasa rimpang yang manis dan bersifat sejuk menjadikan umbinya sebagai penyejuk, pereda demam, peluruh kencing, penenang dan menurunkan tekanan darah. Sedangkan bunganya bersifat hemostatis. Sedangkan daunnya mengandung tannin dan sulfur.

Buah dari bunga Canna saat mentah berwarna hijau, kalau buah bunga canna telah matang polongnya menjadi kering berwarna kecoklatan. Saat polongnya sudah matang akan pecah sendiri, didalam polongnya ada biji atau benih bentuknya bulat berwarna hitam. Biji atau benih bunga Canna ini juga digunakan untuk perhiasan dan alat musik.

Baca juga: Suka Bunga Anggrek? Ayo Mengunjungi Taman Anggrek Ragunan

Canna lily umumnya diperbanyak dengan membagi rimpang bawah tanah mereka, tetapi kita juga bisa menanam biji Canna untuk mendapatkan tanamannya.

Video Bunga Tasbih Canna Indica di Jerman Begini Bentuk Bijinya

Manfaat dan Kegunaan bunga Tasbih Canna Indica:

    • Beberapa spesies dan banyak kultivar ditanam di taman di daerah beriklim sedang dan subtropis. Terkadang, Canna Indica juga ditanam sebagai tanaman pot. Sejumlah besar kultivar hias telah dikembangkan. Tanaman bunga Tasbih dimanfaatkan sebagai herba, tanaman hias, dan sebagai tanaman teras.
    • Rimpang cannas kaya akan pati, dan memiliki banyak kegunaan dalam pertanian. Semua tanaman memiliki nilai komersial, rimpang untuk pati (konsumsi oleh manusia dan ternak), batang dan dedaunan untuk pakan ternak, tunas muda sebagai sayuran, dan biji muda sebagai tambahan untuk tortilla.
    • Biji digunakan sebagai manik-manik dalam perhiasan.
    • Di daerah yang lebih terpencil di India, tanaman Canna difermentasi untuk menghasilkan alkohol.
    • Tumbuhan menghasilkan serat dari batangnya, yang digunakan sebagai pengganti rami.
    • Serat yang diperoleh dari daun digunakan untuk membuat kertas. Daun dipanen pada akhir musim panas setelah tanaman berbunga, mereka dikerok untuk menghilangkan kulit luar, dan kemudian direndam dalam air selama dua jam sebelum dimasak. Serat dimasak selama 24 jam dengan larutan alkali dan kemudian dihaluskan dalam blender. Tanaman Canna digunakan membuat kertas cokelat muda.
    • Sebagai pewarna. Pewarna ungu diperoleh dari biji.
    • Asap dari daun yang terbakar dikatakan insektisida.
    • Tanaman Canna digunakan untuk mengekstraksi banyak polutan yang tidak diinginkan di lingkungan lahan basah karena mereka memiliki toleransi yang tinggi terhadap kontaminan.
    • Cannas menarik burung kolibri dan karenanya dapat menjadi bagian dari strategi penyerbuk dan habitat satwa liar.

 

Demikianlah cerita saya mengenai Bunga Tasbih Canna Indica di Jerman Bijinya digunakan untuk Perhiasan dan Alat Musik, semoga kamu yang sedang mencari tanaman Canna, terbantu melalui postingan ini yaa.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta bunga unik lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini 🙂 .

Oh iya jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Baca juga: Laburnum Pohon Unik Golden Rain yang Mirip Wisteria

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Bunga_tasbih

https://en.wikipedia.org/wiki/Canna_(plant)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close