Bunga Warna Hijau yang Unik Jarang Ada

Bunga Warna Hijau yang Unik Jarang Ada. Hai sobat berkebun, seringkah kalian melihat bunga berwarna hijau?, misalnya mawar hijau, tulip hijau, petunia hijau dll. Berdasarkan pengalaman saya nih bunga warna hijau, biru dan hitam jarang-jarang ada. Sampai saat ini saya masih penasaran dengan tulip hijau karena sudah dua kali menanam umbinya namun masih gagal alias tidak keluar bunganya. Mawar berwarna hijau saya sudah pernah melihat langsung di garden center.

Nah di kebun balkon saya saat ini ada 2 bunga berwarna hijau yang lagi mekar. Sudah sekitar 3 hari mekarnya.

1. Amaryllis Evergreen. Umbinya saya beli tahun lalu, dan tahun lalu sudah berbunga, saya terus rawat dengan cinta haha dan tahun ini berbunga kembali dengan cantiknya. Amaryllis hijau ini bunganya tidak besar namun yang membuat saya bahagia adalah bunganya rame!. Satu batang bisa menghasilkan 5-10 helai bunga. Biasanya dari 1 umbi ini bisa numbuh 3 batang bunganya. Setelah batang pertama habis bunganya, numbuh batang bunga berikutnya.

Bunga Warna Hijau yang Unik Jarang Ada
Cybister Amaryllis Evergreen

 

Tips supaya bunga amryllis berbunga setiap tahun adalah, setelah bunganya rontok, potong batang bunganya, supaya tidak tumbuh bakal bibitnya (pod), karena pod bunga ini bakalan menghabiskan nutrisi umbinya. Kalau kamu tidak mau budidaya amaryllis lebih baik dipotong batangnya setelah bunganya rontok.

Tips berikutnya daunnya tetap dipelihara sampai berubah warna menjadi kekuningan yang artinya umbinya siap di dormat. Daun yang tumbuh dengan baik akan berwarna hijau segar, nah lewat daunnya ini akan terjadi proses fotosintesa, menyimpan nutrisi ke umbinya untuk bakal bunga tahun berikutnya.

Artikelku mengenai bunga Amaryllis:
Tips Perawatan Bunga Amaryllis 
Tips Bunga Amaryllis Berbunga Kembali

 

2. Hydrangea Paniculata Limelight (hydragea paniculata)

Saya piih hydragea/hortensia yang jenis paniculata karena jenis ini tahan panas, cocok di tanam di balkon saya yang kena full sun. Waktu saya beli tahun lalu kecil sekali tanamannya jadi harganya tidak mahal.

hydrangea paniculata limelight

 

hydrangea paniculata limelight ini berbunga belakangan dibanding hydragea jenis lain. hydrangea limelight ini berbunga di awal musim panas hinga pertengahan musim panas.

Selain lebih tahan panas, keistimewaan lain limelight adalah lebih tahan banting karena jenis hibrida. Waktu winter tahun lalu kena hujan berhasil-hari, sudah rontok daunnya, karena batangnya saya lihat masih segar dan bagus, saya pindah ke pot baru, eh lupa pindahin lagi kena hujan lagi, huhuhu mau nangis deh, masa mati sebelum lihat bunganya kan. Nah saya taruh greenhouse dan tidak disiram-siram lagi, media tanam saya pegang tiap bulan untuk mengetahui apakah masih lembab.

Beberapa tahun lalu saya punya hydragea yang hijau juga, bunganya besar sekali. Sayang mati setelah berbunga, mungkin karena kurang perhatian juga. Makanya saya beli lagi yang limelight ini . Nantinya menjelang winter akan saya pindah ke pot kecil supaya bisa dimasukkan ke greenhouse.

Hydrangea paniculata limelight

 

Supaya tetap tumbuh dengan baik, selain dirawat dengan TLC (tender love care) pastikan juga kalau sobat berkebun memupuk tanaman kalian dengan teratur dan sesuai takaran yang dianjurkan ya.

Kalau mau lihat postingan ini dalam bentuk video, dibawah ini:

 

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta berkebun lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

 

Berkebun Emaknya Benjamin on youtube:

 

Salam hijau dan keep growing sobat!.

Auf Wiedersehen aus Deutschland.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close