Cantiknya Bunga Sakura Pohon Buah Cherry Tetanggaku

Cantiknya Bunga Sakura Pohon Buah Cherry Tetanggaku. Pohon buah cherry tetanggaku sedang berbunga dengan cantiknya, walaupun cantiknya sih belum seperti tahun 2014 dan 2015, kalau tahun 2016, tahun lalu dan tahun 2018 ini ya belum bisalah saya bilang wow banget ketika melihat pohonnya berbunga.

Cantiknya Bunga Sakura Pohon Buah Cherry Tetanggaku

Tahun 2014 dan tahun 2015 saya berfoto dibalkon dengan pemandangan pohon cherry sedang mekar dengan indahnya. Tahun 2016 dan tahun 2017 buah pohon cherry sangat sedikit bunganya, alhasil buah cherrypun sangat sedikit yang dihasilkan. Mungkin karena itu di musim gugur 2017 tetanggaku memangkas drastis pohon cherry tersebut.

Baca juga: Uniknya Bunga Sakura yang Ternyata Bisa di Makan

Pohon cherry nama latinnya Prunus avium, tingginya bisa mencapai mencapai hingga 15–32 meter. Pohon cherry berbunga di musim semi, setelah masah berbunga selesai, muncullah daun-daunnya. Kalau bunganya banyak yang mekar, bisa dipastikan buahnya akan banyak pula. Di akhir musim gugur hingga winter, dedaunnnya akan kehilangan klorofil atau zat hijau daun. Daun-daun pohon cherry menjadi kuning dan rontok karena perubahan cuaca.

Prunus avium (sweet cherry). Pohon Cherry Tetanggaku sedikit lagi merah matang. Foto 9 Juni 2014
Prunus avium (sweet cherry). Pohon Cherry Tetanggaku sedikit lagi merah matang. Foto 9 Juni 2014

Apakah bunga sakura sama dengan bunga pohon cherry? Jawabannya Iyaa. Bedanya kalau yang hanya pohon hias saja tidak menghasilkan buah.

Asal-usul kata “sakura” adalah kata “saku” (bahasa Jepang untuk “mekar“) ditambah akhiran yang menyatakan bentuk jamak “ra“. Dalam bahasa Inggris bunga sakura disebut cherry blossoms.

 Alat mengeluarkan biji Cherry ini dibagian bawahnya bolong, biji akan jatuh kalau kita tekan alatnya
Alat mengeluarkan biji Cherry ini dibagian bawahnya bolong, biji akan jatuh kalau kita tekan alatnya

Banyak varietas pohon cherry yang telah dibudidayakan digunakan sebagai tanaman hias jadi tidak menghasilkan buah. Itulah yang sering kita lihat di taman atau tepi jalan. Pohon-pohon cherry tersebut hanya berbunga dan tidak berbuah. Cherry yang dimakan umumnya berasal dari kultivar dari spesies Prunus avium dan Prunus cerasus.

Buah Cherry ada yang manis dan asam:

  • Cherry Manis nama latinnya Prunus avium dikenal sebagai sweet cherry, wild cherry atau bird cherry dalam bahasa Jerman disebut Süßkirschen. Keluarganya Rosaceace.
  • Cherry Asam nama latinnya Prunus cerasus dikenal sour cherry, tart cherry atau wild cherry dalam bahasa Jerman disebut Sauerkirschen. Keluarganya Rosaceace.

Oh ya kapan saya pernah baca katanya buah cherry bagus untuk penderita asam urat, bisa menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Seluruh bagian pohon buah cherry beracun, kecuali buahnya yang telah masak tentu saja aman dimakan dan tidak beracun. Racun yang dikandung pohon cherry adalah Glikosida.

 

Video Amazing Cantiknya Bunga Pohon Buah Cherry Tetanggaku

Baca juga: Buah Cherry Gratisan Paling Nikmat Buah Cherry Gratisan Paling Nikmat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close