Cantiknya Bunga Ungu Vinca Minor Periwinkle

Cantiknya Bunga Ungu Vinca Minor Periwinkle. Vinca Minor dalam bahasa Inggris umumnya dikenal sebagai Periwinkle. Tumbuhan perdu ini termasuk dalam keluarga Apocynaceae ; dapat tumbuh pada lokasi full sun, namun Vinca minor lebih menyukai berada pada tempat diberi naungan.

Tanaman perdu hias ini dapat beradaptasi juga pada tempat teduh. Kalau ditanam pada lokasi full sun, tanaman ini butuh penyiraman yang lebih bayak, kalau kurang penyiraman, daunnya akan menjadi kuning. Perlu diperhatikan banyak penyiraman, artinya tidak berlebihan ya, karena kalau sampai berlebihan dan ada air tergenang pada pot tanaman, akarnya bisa menjadi rusak (penyakit root rot).

Cantiknya Bunga Ungu Vinca Minor Periwinkle

Vinca minor termasuk jenis tanaman perdu berbunga yang muncul kembali dari tahun ketahun, makanya dikenal pula sebagai tanaman perennial. Kalau ditempat saya, negara 4 musim, Vinca minor berbunga pada awal musim semi hingga akhir musim panas. Bunga yang mekar saat summer tidak secantik dibanding saat Vinca berbunga di awal musim semi, mungkin hal ini dipengaruhi juga dengan perbedan caaca musim semi yang sejuk dan summer panasnya miriplah di tanah airku.

Bunga Vinca minor berwarna ungu, ada pula yang putih (vinca minor alba). Saya punya yang warna ungu saja. Memisahkan tanaman perdu ini ini sagatlah mudah, tidak perlu teknik khusus, cukup dipisahkan dari bagian daun hingga akarnya, bahkan kalau misalnya tanaman ini dibabat dengan gergaji mesinpun tidak masalah, sangking kuatnya tanamannya ini ya 😉 .

Biasanya saya memisahkan tanaman Vinca minor ini saat musim gugur. Tananaman Vinca minor periwinkle ini tahan dinginnya winter, tanpa perlu diberi pelindung apapun. Bahkan pada suhu minus tanaman ini tetap hijau daunnya (evergreen). Dari website penjual tanaman kutahu kalau Vinca minor bisa bertahan hidup sampai minus 20 derajat c, sungguh hebat!.

Vinca minor Periwinkle
Beautiful purple flowers of Vinca minor Periwinkle

Peringatan tentang tumbuh Vinca Minor

Vinca minor dianggap sebagai tanaman invasive, tumbuh tidak terkendali, jadi setiap tahun hendaklah kamu yang punya tanaman ini untuk melihat atau mengecek pertumbuhan anakannya (runners), jika tidak diperhatikan pertumbuhannya dilahan langsung bisa menjadi adalah masalah bagi Anda karena aa tumbuh tida terkendali.

Kalau kamu mencari tanaman perdu sebagai pelapis tanah yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai ground cover, maka vinca minor periwinkle adalalh pilihan yang tepat.

 

Video Vinca Minor Ungu Tanaman Perdu Hias yang Cantik

 

Baca juga: Bunga Warna Hijau yang Unik Jarang Ada

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close