Cara Mengatasi Daun Anggrek Menghitam Gosong Kena Sunburn

Cara Mengatasi Daun Anggrek Menghitam Gosong Kena Sunburn. Hai sobat berkebun khususnya, pecinta anggrek, saya lagi sedih nih, beberapa daun anggrek cattleya saya menghitam daunnya. Daun anggrek cattleyaku pada gosong terkena sunburn alias terbakar sinar matahari.

Cara Mengatasi Daun Anggrek Menghitam Gosong Kena Sunburn

Saya tinggal di negara 4 musim, biasanya semua koleksi anggrek saya taruh rumah, nah menjelang musim panas, saya taruh luar rumah untuk anggrek-anggrek yang tahan sinar matahari langsung, seperti anggrek cattleya dan dendrobium, termasuk dua anggrek Gramma yang saya bawa dari tanah air, saya taruh luar rumah juga.

Awalnya semua anggrek tahan kena sinar matahari pagi sampai jam 11 siang, lalu cuaca makin memanas, dan saya harus sering memantau saat sinar matahari bergerak lalu pas kena anggreknya, apakah ada yang lewat jam 11 siang sampai sore tetap terpapar sinar matahari melulu anggreknya.

Baca juga: Punya Cattleya Mogok Berbunga? Intip 5 Trik Cara Membuat Cattleya Berbunga Kembali

Anggrek-anggrek saya siram teratur seminggu 2 kali, namun kalau cuaca panas sekali bisa lebih sering saya siram, bisa tiap dua hari sekali. Saya memberikan airnya dengan cara merendam anggrek diember atau wadah tertentu, saat cuaca lebih panas lagi, pas sore hari sudah teduh banget, saya siram tanaman, eh bagian yang ada anggrek-anggrek kena cipratan air.

Baca juga: Suka Bunga Anggrek? Ayo Mengunjungi Taman Anggrek Ragunan

 

Air yang kecimprat ke daun anggrek kalau tidak langsung kering sampai keesokan paginya, lalu kena sinar matahari langsung, hal inilah yang membuat daun anggrek menjadi menguning lalu menjadi coklat dan airnya hitam gosong daun-daun anggrek cattleyaku.

Langsung saya pindah posisi anggrek-anggreknya supaya aman ditempat elbih teduh, namun masih mendapat cahaya matahari pagi saja. Untuk menyiram anggrek dengan botol semprot, semprot daun anggreknya, tidak saya lakukan lagi karena fatal banget kalua cuaca lagi panas.

Video Daun Anggrek Gosong Kena Sunburn dan Cara Mengatasinya

Padahal saya siram anggrek-anggreknya sore hari sudah tidak ada terlihat matahari terik sore, saya siram anggrek sekitar jam 8 malam. Di Jerman kalau summer begini gelap baru datang hampir jam 10 malam.

Bagaimana saya mengatasi daun anggrek yang gosong menghitam kena sunburn adalah dengan membuang bagian daun anggrek yang menghitam. Gunting saya semprot alkohol dulu supaya steril. Setelah daun anggrek saya gunting, tanamannya saya taruh tempat teduh dahulu, kalua sudah pulih akan saya taruh tempat kena matahari lagi.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini 🙂 .

Oh iya jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Baca juga: 5 Cara Jitu Mengusir Semut Pada Bunga Anggrek

error: Content is protected !!
Read more:
Close