Cara Mudah Menanam Biji Pohon Maple Tanpa Pendinginan Stratifikasi

Cara Mudah Menanam Biji Pohon Maple Tanpa Pendinginan Stratifikasi. Pohon Maple. Acer adalah sebuah genus dari pohon atau semak yang umumnya dikenal sebagai maple. Terdapat sekitar 128 spesies, kebanyakan berasal dari Asia, dengan beberapa juga ada di Eropa, Afrika utara, dan Amerika Utara.

Hanya satu spesies, Acer laurinum, yang ada di Hemisfer Selatan. Spesies khas dari genus tersebut adalah maple sikamor, Acer pseudoplatanus, spesies maple paling umum di Eropa.

Cara Mudah Menanam Biji Pohon Maple Tanpa Pendinginan Stratifikasi

Biji/benih maple terdapat/terbungkus semacam kulit tipis yang disebut samara. Lapisan ini biasa disebut sebagai “sayap” atau “baling-baling helikopter“. Disebut sayap atau baling-baling helikopter karena saat biji maple jatuh/lepas dari pohon akan berputar/melayang mirip baling-baling hingga mendarat dipermukaan tanah.

Jagoanku Benjamin senang sekali melempar keudara biji-biji maple yang masih terbungkus kulit/samara, karena uniknya bisa terbang seperti baling-baling 🙂 . Biji/benih matang ketika samara matang dari warna hijau menjadi coklat kering dan dikumpulkan dari tanah atau diambil dari pohon.

Kalau mau menanam biji pohon maple ini, tidak perlu membuang bijinya dari samara. Jadi saya langsung rendam air biji maplenya yang terbungkus kulit samara.

Biji-biji maple paling matang di musim gugur dan membutuhkan periode stratifikasi, atau perlakuan dingin (cold treatment) untuk berkecambah. Namun, biji maple merah dan perak matang di musim semi dan tidak disimpan dengan baik atau tidak memerlukan stratifikasi sebelum disemai.

Saya tidak tahu pasti apakah pohon maple Jepang atau pohon maple Kanada, pohon maple warna merah atau hijau yang saya tanam biji/bibitnya karena anakku Benjamin yang menggumpulkan biji pohon maple ini saat musim semi, dia menggumpulkan bijinya dari jalanan dari sepanjang perjalanan kita kalau mau ke TK dan pulangnya.

Baca juga: Berkebun itu Bikin Ketagihan, Coba aja kalau tidak Percaya

Karena anakku menggumpulkan biji maple saat musim semi, tanpa saya simpan dikulkas juga untuk proses menanamnya, maka setelah baca dari internet, yang kutanam kemungkinan besar biji maple merah dan perak matang yang matang bijinya saat musim semi.

Saat anakku kumpulin biji pohon maplenya, ada banyak yang kulit samaranya sudah berwarna kecoklatan yang artinya sudah matang. Biji maplenya mengalami proses pedinginan di pohonnya, saat melalui musim dingin tahun sebelumnya, dan rontok/lepas saat musim semi tahun berikutnya.

Saya menanam biji maplenya yang segar, artinya yang anakku kumpulin bijinya, tidak sampai lewat bulan depannya, langsung saya rendam air hampir semingguan kalau tidak salah saya rendam air biji pohon maplenya. Setelah hampir seminggu bijinya semakin gendut, yang artinya ada pertumbuhan (germinasi), warnanya jadi agak kehijauan.

Video Cara Mudah Menanam Pohon Maple dari Bijinya Tanpa Cold Treatment

Setelah lewat proses perendaman dalam air, saya tanam di pot kecil dulu, saya taruh rapat, berhimpitan satu dengan lainnya biji mapel saya letakkan, timbun tanam 1-2 cm saja. Pot biji maple saya taruh di greenhouse (GH). GH ini terkena sinar matahari, namun tidak terik karena saat saya menanam biji maple menjelang musim panas, pada 19 Mei 2019 saya menanam biji pohon maple.

Media tanamnnya saya buat basah sekali, namun tidak ada air yang tergenang. Saya siram kalau mulai terlihat kering, pokoknya dijaga supaya medianya selalu basah.

Jika biji maple merah dan perak tidak ditabur segera, biji tersebut dapat bertahan selama beberapa minggu jika disimpan lembab dan didinginkan. Spesies maple lainnya dapat tetap hidup selama bertahun-tahun jika dikeringkan dan disimpan dalam wadah kedap udara pada suhu sekitar 33 derajat Fahrenheit (0,5 derajat C).

Saya tidak menyangka ternyata cepat juga proses germinasi biji pohon maple, tidak sampai sebulan sudah numbuh agak besar dengan tinggi 12-20 cm. Pada video saya diatas keadaan maple setelah 7 minggu sejak penanamannya.

Demikianlah pengalaman saya mengenai Cara Mudah Menanam Biji Pohon Maple Tanpa Pendinginan Stratifikasi semoga kamu yang ingin menanam biji maple juga bisa mendapat pencerahan ya 🙂 .

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta gardening lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini 🙂 .

Oh iya jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Kompos dari Sampah Dapur

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close