Eksperimen Membuka Sheath Amplop Anggrek Cattleya

Eksperimen Membuka Sheath Amplop Anggrek Cattleya. Hai orchid lover, pada postingan ini saya berbagi cerita mengenai anggrek cattleya saya. Sudah 3 tahun lalu saya beli, sejak dibeli belum pernah berbunga kembali.

Eksperimen Membuka Sheath Amplop Anggrek Cattleya

Tiap tahun numbu tunas baru (pseudobulb), namun ko bunganya tidak muncul juga. Selama 3 tahun ini tanamannya saya taruh di window shill kamar tidur, bersebelahan dengan anggrek bulan yang rajin berbunga.

Saya teratur menyiram dan memberi pupuk. Katanya sih untuk membungakan anggrek cattleya perlu unsur P yang tinggi. Saya baca-baca lagi berbagai literature dan nonton video-video di youtube, akhirnya saya tahu ternyata anggrek cattleya ini suka tempat yang hangat, dan saat malampun suka tempat hangat.

Akhirnya sejak dipindahkan ke tempat hangat ruang tamu, mulai terlihat perbedaan yang mencolok, bulb nya makin gendut dan sudah kelihatan amplopnya. Awalnya amplopnya hijau banget, lah ko lama kelamaan mulai terlihat cokalt dan agak kering.

Baca juga: Daun Anggrek Menguning Inilah 4 Penyebabnya

Saya punya 2 cattleya, ini hasil split karena rimbun sekali. Di kedua pot sudah ada amplopnya, bulbnya gendut banget. Di satu pot ko amplopnya mulai kering (coklat) belum kering banget sih.

Nah lalu saya nonton banyak video bule dan baca-baca di internet mengenai kenapa amplop anggrek cattleya menjadi kering, apa yang bisa kita lakukan supaya amplopnya tetap segar dan nantinya pecah/terbuka dan keluar spikenya.

Duuh saya galau banget, karena sudah 3 tahun nungguin amplopnya, dan bulbnya juga gendut, yang artinya ada potensi akan berbunga. Kalau ada amplopnya tapi bulbnya ramping itu tidak ada bakal bunga.

Baca juga: 6 Tips Sukses Menyemai Bibit Benih Dalam Ruangan

Jadi saya coba buka satu amplop yang mulai kecoklatan, saya buka/gunting pakai gunting kertas, kalau pakai gunting tanaman malah tidak bisa. Karena eksperimen, jadi saya tidak gunting kedua amplop bulbnya, kuatir yang saya lakukan salah.

Video Eksperimen Membuka Sheath Amplop Anggrek Cattleya

Kalau nonton/baca forum mengenai amplop cattleya, nah banyak juga yang menyarankan/melakukan pembukaan amplop cattleya, karena terkadang ada cattleya yang amplopnya lama-lama kering sendiri.

Bersambung updatenya ..

 

Baca juga: Perkembangan Aneka Anggrek Beli Tahun 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close