Gloriosa Kembang Sungsang Bunga Beracun Berharga Mahal

Gloriosa Kembang Sungsang Bunga Beracun Berharga Mahal. Hai sobat berkebun, selamat datang di blog berkebun saya, emaknya Benjamin. Kali ini saya mau ngomongin, mau cerita mengenai bunga Gloriosa. Kembang Sungsang gloriosa superba, bunga cantik beracun sekaligus yang berguna sebagai obat.

Gloriosa Kembang Sungsang Bunga Beracun Berharga Mahal

Saya menanam umbi bunga gloriosa ini pada bulan April sekitar tanggal 20 tahun 2019 ini. Dari ditanam umbinya sampai muncul bunga pertama butuh waktu sekitar 2 bulan, wah termasuk cepat ya tanaman ini berbunga.

Gloriosa superba adalah spesies tanaman berbunga dari keluarga Colchicaceae. Nama-nama umum dalam Bahasa Inggris seperti disebut flame lily, climbing lily karena dia merambat, lalu disebut juga creeping lily, glory lily, gloriosa lily, tiger claw mungkin karena bentuk bunganya maka disebut tiger claw.

Tanaman Gloriosa disebut juga fire lily karena ada warna merah pada bunganya menyerupai warna api.

Baca juga: Agastache Rugosa Blue Fortune Bunga Mirip Lavendel

Dalam bahasa Jerman, di tempat tinggal saya Gloriosa disebut Ruhmeskrone. Krone artinya mahkota. Mahkota nya tapi terbalik. Dalam bahasa Indonesia, bunga gloriosa ini disebut kembang Sungsang, gloriosa superba, bunga Sungsang, atau bunga gloriosa dikenalnya.

Dalam bahasa Indonesia gloriosa superba disebut kembang Sungsang karena putik, perhiasan bunga dan benang Sarinya menunduk, menghadap ke bawah, sedangkan mahkota bunganya membalik, menghadap ke atas.

Jadi terlihat seperti sungsang atau terbalik dari bentuk bunga pada umumnya. Gloriosa adalah jenis climbing lily, adalah satu-satunya bunga lily yang merambat.

PH ideal untuk media tanam Gloriosa sekitar 5,5-6. Tumbuhan Gloriosa ini biasanya dijadikan tanaman hias pekarangan karena bunganya cantik dan unik.

Tanaman ini mudah perawatannya hanya butuh matahari yang tidak terik dan curah hujan yang cukup. Tidak membutuhkan banyak nutrisi untuk pertumbuhannya loh, kalau di hutan habitat aslinya tidak ada yang kasih pupuk kan, jadi tanaman Gloriosa ini hanya butuh sinar matahari dan curah hujan yang cukup saja.

Kalau ditanam di negara empat musim seperti di tempat saya tinggal ini, saat menjelang musim dingin, umbi bunganya dikeluarkan dari tanah lalu simpan di gudang. Umbinya butuh istirahat atau dorman dan sama sekali tidak disiram sampai musim semi tiba.

View this post on Instagram

Gloriosa superba Rothschildiana in Germany 🌸 🌸 🌸 Swipe to see more pics 👉🏻 . . The most common English names are flame lily, fire lily, gloriosa lily, glory lily, superb lily, climbing lily, and creeping lily. . . All parts of the plant contain colchicine and related alkaloids and are therefore dangerously toxic if ingested, and contact with the stems and leaves can cause skin irritation. Various preparations of the plant are used in traditional medicines for a variety of complaints in both Africa and India. Plants have leaf tip tendrils. The lethal dose of colchicine is about 6 mg/kg, and Gloriosa superba has been used as a means of committing suicide. . . . Tahun lalu mekar, tahun ini juga mekarnya. Tahun lalu beli hanya 1 umbi, eh numbu anakannya.
Tumbuhan ini biasa dijadikan tanaman hias pekarangan karena bunganya yang berwarna terang dan berbentuk unik. Perawatannya juga mudah banget. . . Seluruh bagian mengandung kolkisina dan beberapa turunannya, tetapi akar dan umbinya memiliki konsentrasi terbesar. Bersentuhan dengan cairan tumbuhan ini dapat menyebabkan iritasi kulit.
Tanaman yang beracun, namun sekaligus digunakan untuk pengobatan, bingung ga tuh? Hehe.
Kalau dijadikan bunga potong, bunga sungsang ini mahal, per tangkai sekitar Rp.150.000. . . . . #gloriosaflower #gloriosasuperba #ruhmeskrone #kembangsungsang #bungasungsang #inmygardentoday #balconygarden #summerflower #sommerblumen #bungamusimpanas #gartenfotografie #flowerlove #tanamanunik #flowerstagram #floweringermany #bloom #instagarten #bungamahal #kebunbalkoni #gardeningisfun #plantsmakepeoplehappy #plantlovers #plantlovers #ingermany #lifeingermany #tinggaldijerman #inspirasikebun #tanamanoutdoor

A post shared by Nella Silaen (@emaknyabenjamin) on

Kalau misalkan mau dimasukin kerumah tanaman dalam potnya begini, taruh di ruang tamu atau di ruang tanpa penghangat ruangan. Sama sekali tanamannya tidak disiram dari bulan November sampai nanti kalau mau di siram lagi pada musim semi saat musim tanamnya di bulan Maret.

Tapi kalau misalkan mau ditanam lebih awal, supaya berbunganya lebih awal juga, bisa ditanam dulu umbinya di dalam rumah dari Januari atau Februari, nanti kalau cuacanya bagus barulan taruh diluar rumah. Kalau ini saya nanam umbinya dari bulan April, hanya butuh 2 bulan sampai bunga pertama muncul.

Setelah masa berbunga selesai, setelah bunganya rontok, biarkan daun-daunnya tumbuh, karena dari daun-daun tanaman Gloriosa ini saat terkena sinar matahari terjadi proses fotosintesa, tanamannya akan menyimpan energi/nutrisi untuk pembentukan bunga tahun berikutnya.

Kalau daunnya mulai menguning karena suhu makin dingin saat musim gugur, tinggal di gunting semua daunnya, ambil umbinya dari tanah dan simpan dirumah. Kalau di negara tropis seperti Indonesia, tanamannya bisa terus di pelihara tanpa proses dorman.

Kembang sungsang adalah tumbuhan yang merupakan salah satu dari enam jenis dalam genus Gloriosa (suku Colchicaceae). Tumbuhan ini umum dijumpai di Kepulauan Nusantara, merambat, dengan umbi yang dapat bertahan pada keadaan kering. Penyiraman tanaman Gloriosa tidak perlu terlalu banyak, air yang berlebih malah bisa membuat busuk umbinya. Jangan sampai ada air tergenang pada bagian atas media tanam.

Seluruh bagian tanaman ini mengandung kolkisina dan beberapa turunannya, tetapi akar dan umbinya memiliki konsentrasi terbesar. Kolkisina merupakan alkaloid toksik dan karsinogenik yang diperoleh dari ekstrak tumbuhan Colchicum autumnale dan beberapa anggota suku Colchicaceae lainnya, seperti Gloriosa superba tanaman ini.

Bunga Gloriosa digunakan juga sebagai bunga potong atau dirangkai untuk buket bunga. Umumnya kita melihat bunga mawar yang banyak dijadikan bunga potong, nah Gloriosa ini juga merupakan salah satu bunga yang bisa dijadikan bunga potong. Bunga Gloriosa ini harganya mahal, satu tangkainya serharga Rp.150.000.

Jadi yang punya toko bunga, perangkai bunga, bisa jadikan alternatif bunga Gloriosa ini dalam rangkaian buket bunga ynag kamu rangkai.

Umbi kembang Sungsang beracun dan sekaligus berkhasiat untuk pengobatan. Bersentuhan dengan cairan tumbuhan ini dapat menyebabkan iritasi kulit, tentunya tergantung daya tahan tubuh kita masing-masing.

Ada orang yang sensitif terhadap bunga dan tanaman tertentu, namun ada pula orang yang tahan tidak terkena iritasi atau gatal-gatal saat bersentuhan dengan bunga dan tanaman.

Untuk amannya jika kita mau pegang tanaman yang sudah kita ketahui beracun, ada unsur racunnya gunakan sarung tangan untuk amannya.

Tanaman bunga Gloriosa menghasilkan biji bakal bibitnya, hanya saya tidak tahu bagaimana terbentuk bijinya, apakah harus dilakukan penyerbukan atau kalau tanamannya sudah berumur tua, setelah dirawat bertahun-tahun baru akan terbentuk bijinya.

Kalau saya tidak ingin memperbanyak tanaman Gloriosa ini dari biji, mungkin saja lama baru muncul bunga pertamanya kalau ditanam dari biji. Tanaman Gloriosa yang ditanam dari umbinya lebih cepat berbunga. Hanya butuh 2 bulan saja, muncul bunga pertamanya.

Tahun lalu saat saya bongkar tanamannya, saya melihat ada anakan umbi bunga Gloriosa. Sayangnya belum saya lihat pertumbuhan dari anakan umbi Gloriosanya.

Saya tidak terlalu dalam menanam umbi bunga Gloriosa ini. Tunasnya numbuh dari bagian ujung umbi, kalau kita nanam posisi tegak, miring, direbahkan atau posisi apapun, jangan kuatir, karena tanamannya akan keluar nimbus tanah untuk mencari sinar matahari.

Anakannya umbi Gloriosa ini numbuh disebelah umbi utamanya, uniknya umbinya tidak menempel pada umbi utamanya, ada jarak antara umbi utama dan anakannya.

Media tanam bunga Gloriosa harus lembab, namun jangan sampai ada air tergenang pada potnya.

Video Cantiknya Gloriosa Kembang Sungsang Bunga Beracun Berharga Mahal

 

Demikianlah pengalaman saya mengenai menanam dan merawat Gloriosa Kembang Sungsang, semoga kamu yang sedang mencari tanaman ini, atau sudah merawatnya namun belum sukses berbunga karena busuk umbinya, semoga postingan saya membantu yaa.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta bunga unik lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini 🙂 .

Oh iya jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Baca juga: Laburnum Pohon Unik Golden Rain yang Mirip Wisteria

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Kembang_sungsang

https://en.wikipedia.org/wiki/Gloriosa_(plant)

error: Content is protected !!
Read more:
Close