Hasil Akhir Eksperimen Membuka Sheath Amplop Anggrek Cattleya

Hasil Akhir Eksperimen Membuka Sheath Amplop Anggrek Cattleya. Hai sobat berkebun, ceritanya saaya mempunyai 2 pot cattleya. Ini hasil split karena rimbun sekali. Di kedua pot sudah ada amplopnya, bulbnya gendut banget. Di satu pot ko cattleya sheath brown amplop cattleyanya mulai kering (coklat) belum kering banget sih.

Hasil Akhir Eksperimen Membuka Sheath Amplop Anggrek Cattleya

Nah lalu saya nonton banyak video bule dan baca-baca di internet mengenai kenapa amplop anggrek cattleya menjadi kering, apa yang bisa kita lakukan supaya amplopnya tetap segar dan nantinya pecah/terbuka dan keluar spikenya.

 

Baca juga: 5 Cara Jitu Mengusir Semut Pada Bunga Anggrek

Duuh saya galau banget, karena sudah hamper 4 tahun tahun nungguin amplopnya, dan bulbnya juga gendut, yang artinya ada potensi akan berbunga. Kalau ada amplopnya tapi bulbnya ramping itu tidak ada bakal bunga.

Jadi saya coba buka satu amplop yang mulai kecoklatan, saya buka/gunting pakai gunting kertas, kalau pakai gunting tanaman malah tidak bisa. Karena eksperimen, jadi saya tidak gunting kedua amplop bulbnya, kuatir yang saya lakukan salah.

Hasil pengatamanku dari eksperimen membuka amplop Cattleya:

Buka/gunting amplop cattleya (bagian atas) kalau isinya sudah jelas sekali terlihatnya, kalau isinya masih tipis sekali, lalu digunting, maka dalam beberapa hari amplopnya jadi terkena bercak hitam dan isinya bakal spike/bunga cattleya malah jadi berhenti numbuh.

Trik lain membungakan cattleya, kalau bulb cattleya sudah gendut, coba pakai metode sungkup, jadi bulbnya dibungkus plastic, jangan diikat plastiknya, Sudha udara segar tetap bisa masuk.

Bisa tonton video ini tips merawat anggrek cattleya agar berbunga 5 Trik Membungakan Cattleya yang Mogok Berbunga Bertahun-tahun.

Kesimpulanku Eksperimen Membuka Sheath Amplop Anggrek Cattleya

 

Video dibuat pada 8 Januari 2019 dan 5 Mei 2019.

Mari bergabung di grup anggrep supaya tambah pintar merawat anggrek, silakan di Grup Berbagi Tips Perawatan Anggrek.

Ada satu amplop yang saya biarkan tidak digunting, lama loh proses amplop cattleyanya terbuka dan sampai mekar kuntumnya. Butuh 7 bulan prosesnya sampai anggrek cattleyaku ini mekar kuntum kuntum bunganya.

Video seri membuka amplop Cattleya:

 

Baca juga: Punya Cattleya Mogok Berbunga? Intip 5 Trik Cara Membuat Cattleya Berbunga Kembali

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close