Kebun Balkonku di Bulan Februari 2018

Kebun Balkonku di Bulan Februari 2018. Hai sobat berkebun, tak sabar rasanya diri ini menantikan musim semi. Sudah bosan dengan dingin menggigil setiap hari. Semangat berkebun sudah menggelora, tangan gatal untuk bisa lagi mengaduk-aduk tanah dan ingin mulai bereksperimen kembali menanam aneka bibit dan youngplants.

Kebun Balkonku di Bulan Februari 2018
Pemandangan Kebun Balkonku di Bulan Februari 2018

Pertengahan Februari begini, kalau secara kalender masih musim dingin, namun prakteknya di alam terbuka, sudah banyak bunga lonceng snowdrop yang bermekaran. Snowdrop kalau dalam bahasa Jerman disebut Schneeglöckchen (Galanthus).

Bunga lonceng Snowdrop bahasa Jerman Schneeglöckchen (Galanthus). Bunga musim semi yang unik
Bunga lonceng Snowdrop bahasa Jerman Schneeglöckchen (Galanthus). Kebanyakan jenis bunga ini berbunga saat winter. Pada foto ini hamparan bunga lonceng saya potret dekat taman kanak-kanak anakku.

3 pot tanaman bunga mawar yang sudah saya ganti media tanam dan saya pangkas, sudah mulai terbuka mata tunasnya membentuk daun-daun mudanya. Bunga mawar terakhir sudah saya ganti media tanamnya beberapa hari lalu. Mawar david austin thomas a becket nih mawar terakhir yang saya ganti metanya karena nunggu pesanan saya mikoriza fungi datang dulu. Pakai mikoriza fungi akar tanaman dapat tumbuh dengan baik, karena mikoriza membantu akar bisa menyerap air, nutrisi dan zat berguna lainnya dari media tanam (dalam tanah).

Aneka bibit umbi bunga tulip, krokus, dafodil, hyacinth dll khasnya bunga musim semi sudah mulai terlihat pertumbuhannya yang pesat. Eh ternyata di akhir Februari ini suhu temperature menurun drastic lagi, hiks. Kasihan tanaman raspberry ku ko ada yang jadi loyo, sepertinya tidak tahan menghadapi suhu dingin (minus) saat malam hari, padahal potnya saya taruh diantara naungan.

Baca juga: Aneka Bibit Bunga Musim Panas Incaranku

Jadi PR buat saya ini mencari informasi bagaimana membuat tambulapot gojo berry saya bisa berbuah lebat, soalnya 2 tahun terakhir hanya sedikit sekali berbuahnya. Rantingnya subur sekali, apalagi kalau cuaca sudah bagus, daunnya banyak sekali dan subur. Sepertinya saya harus memangkas rantingnya supaya tanamannya menghasilkan buah.

Setiap tahun saya kan membeli bibit bunga tulip dkk nya, nah saya mencoba memeliharanya (membesarkan) kembali supaya bisa berbunga lagi. Metode yang saya lakukan adalah saya tanam dalam sekali diantara lapisan sampah dapur dan media tanam. Jadi sampah dapur tersebut bagus sekali sebagai pupuk (nutrisi) umbi bunga.

Kalian bisa lihat video saya untuk lebih jelasnya ya. Ternyata yang saya lakukan berhasil dong. Bibit-bibitnya sadar cuaca, diakhir musim dingin begini ya mereka mau melihat matahari. Semoga banyak umbinya yang akan menghasilkan bunga.

 

Video Update Kebun Balkonku di Bulan Februari 2018

 

Sampai disini dulu ya cerita mengenai kebun balkon saya. Kalian bisa subscribe ke saluran berkebun saya, karena saya lebih banyak update kegiatan berkebun melalui video-video singkat.

Salam hijau selalu mrgreen: .

Baca juga: Berkebun itu Bikin Ketagihan, Coba aja kalau tidak Percaya

 

Subscribe Kebun Emaknya Benjamin on youtube:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close