Kebun di Balkon Saat Winter | Balcony Garden Tour

Kebun di Balkon Saat Winter | Balcony Garden Tour. Hai sobat berkebun, selamat datang di blog berkebun saya emaknya Benjamin. Saya ingin update keadaan balkonku di musim dingin ini. Videonya saya buat 28 Desember 2018. Pada video ini saya perlihatkan kegiatanku di kebun balkoni:

Kebun di Balkon Saat Winter | Balcony Garden Tour

 

  • Menanam untuk terakhir kalinya umbi bunga musim semi, yang saya tanam kali ini adalah Muscari Armeniacum. Ada 2 paket yang saya tanam, kalau umbi bunga tulip sudah habis dipasaran. Muscari yang saya beli tersebut sudah diskon besar, karena sudah sisa-sisa terakhir yang dijual dan bulan Desember memang sudah bulan terakhir untuk menanam bibit bunga musim semi.

Saat musim dingin, dimana temperatur sudah nol derajat celcius atau minus, tanah akan keras dan kita tidak bisa menanam-nanam lagi. Walau tanah atau media tanam menjadi keras, namun aneka bibit dan tanaman (winterhart/tahan dingin) yang sudah ditanam tidak akan mati ko. Aneka bibit tersebut memang tahan dinginnya winter.

  • Tanaman bunga lavender tetap hidup walau cuaca minus, malah ada beberapa berbunga saat cuaca dingin menggila begini. Sejak beli saya tidak repotting bunga lavender ungu ini. Berdasarkan pengalamanku, setelah direpotting malah sering mati.

Begitu saya lihat ada pot besar tak berpenghuni haha, langsung saya taruh situ pot lavendernya, nanti akar lavendernya akan mencari makan sendiri di pot besarnya. Tahun depan baru akan saya repotting lavendernya.

Sempervivum juga tahan dingin tidak perlu ditutupi kain/koran, asal ditaruh ditempat tidak terkena langsung air hujan yang berlebihan. Kalau sempervivum ditanam ditanah langsung sih tidak masalah kena hujan, kalau nanam dipot, kuatir ada air hujan yang tertampung, bisa membuat tanamannya busuk.

Tanaman bunga lilac tahan dingin, begitu juga aneka pohon buah seperti anggur, bluberry, raspberry dan pohon buah lainnya, hanya rontok daunnya, tahun depan mulai Maret akan numbuh kembali daun-daun barunya. Untuk pohon cherry tetanggaku, nantinya akan keluar bunganya dulu, setelah bunganya berguguran, barulah keluar dedaunannya.  Baca juga: Cantiknya Bunga Sakura Pohon Buah Cherry Tetanggaku

  • Terakhir kali ngumpulin sampah dapur, siapkan kompos untuk tanamanku tahun 2019. Sampah dapur seperti kupasan aneka bawang, kulit buah-buahan, rajangan sisa sayuran yang tidak dimasak, sampah dapur tersebut kaya nutrisi untuk tanaman, sayang kalau hanya dibuang begitu saja, jadi saya manfaatkan sebagai kompos pupuk untuk tanaman. (Tonton: Beberapa video cara saya membuat kompos dari sampah dapur).

Baca juga: Membuat Pupuk Organik Padat dan Cair poc dari Sampah Dapur

  • Saya perlihatkan keadaan aneka bibit bunga musim semi, yang saya tanam dari bulan September. Mulai akhir Februari atau Maret terlihat pesat pertumbuhannya. Tanaman yang akan berbunga duluan seperti bunga lonceng, muscari, daffodil, sednagkan aneka bunga tulip akan mulai mekar bulan April hingga awal Juni.

 

Video Balcony Garden Tour | Kebun di Balkon Saat Winter

Happy gardening dan salam hijau dari Jerman. Sampai jumpa pada postingan berkebun saya lainnya.

Baca juga: Menanam Bunga Tulip dan Bunga Musim Semi lainnya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close