Kenapa Tanaman Raspberry tidak Berbuah?

Kenapa Tanaman Raspberry tidak Berbuah?. Hai sobat berkebun, selamat datang di blog berkebun saya emaknya Benjamin. Kali ini saya ingin membicarakan mengenai tanaman buah Raspberry.

Kenapa Tanaman Raspberry tidak Berbuah

Jadi ceritanya beberapa waktu lalu ada subscriber YouTubeku yang menanyakan Kenapa tanaman raspberry bapak tersebut tidak berbuah, kalau dalam bahasa Inggris pertanyaannya adalah Why Raspberry Plants Don’t Produce?.

Jadi kamu yang mempunyai tanaman raspberry di tanah air, atau negara tropis misalnya, sudah setahun atau dua tahun ko tanaman raspberry belum berbuah yaa. Maka pada postingan ini saya mau membicarakan lima hal Kenapa atau penyebab tanaman raspberry tidak menghasilkan buah.

5 Hal yang Mempengaruhi Kenapa Tambulapot Raspberry tidak berbuah:

1.Yang pertama adalah mengenai varietas.

Beberapa varietas raspberry seperti punya saya ini Rubus spp menghasilkan buah di tahun pertama. Beberapa varietas menghasilkan buah pada cabang atau ranting yang sama sebanyak 2 kali. Pilihlah varietas yang buahnya matang pada waktu yang berbeda.

Tanaman Raspberry punya saya ini pada musim semi berbuah sangat lebat, sampai musim panas masih berbuah juga, musim gugur hingga masuk winter tidak berbuah lagi.

Raspberries which produce fruit in the first year of planting are called primocanes, have green stems.
Raspberry plants that bear fruit in the second year are called floricanes, the stems are slightly brownish.

Raspberi yang menghasilkan buah ditahun pertama penanaman disebut primocanes, mempunyai batang hijau. Tanaman raspberry yang berbuah di tahun kedua disebut floricanes, batangnya agak kecoklatan.

Kebanyakan varietas akan berbuah antara 16 sampai 18 bulan setelah penanaman.

Raspberry merah buahnya matang antara 4 sampai 6 minggu.

Baca juga: Pohon Tin Besar Subur Berbuah Lebat di Jerman

2.yang kedua mengenai sinar matahari

Tanaman raspberry ini seperti juga berry berry lain: blueberry, strawberry dan raspberry membutuhkan paparan sinar matahari langsung.

kalau rumahmu atau tempat menanam raspberi tidak terkena matahari langsung, maka pilihlah varietas yang tidak butuh full sun dan toleran terhadap dingin misalnya varietas Boyne atau Nova Nordic.

Hangatnya matahari meningkatkan kualitas buah raspberi, membuatnya lebih beraroma dan buahnya banyak kandungan air (juicer).

Tanaman raspberry yang minim mendapat cahaya matahari membuat pertumbuhan buah terhambat atau buah yang terbentuk keriput dan kering.

Kalau tanaman terlalu rimbun pangkaslah tanaman nya supaya paparan sinar matahari mengenai tanaman raspberry dengan sempurna.

3.ketiga adalah mengenai pemupukan

Pupuk 2 kali dalam setahun pada tahun pertama ditanam. Kalau saya menggunakan pupuk yang lepas lambat, jadi ada yang untuk 3 bulan dan ada pula untuk pupuk 6 bulan.

Pupuk ini melepaskan zat aktifnya tidak sekaligus, melainkan perlahan-lahan, untuk pupuk yang 3 bulan maka dalam 3 bulan tersebut zat aktifnya akan terlepas sedikit-sedikit, sedangkan pupuk 6 bulan maka dalam waktu 6 bulan zat aktifnya terlepas sedikit-sedikit.

Harganya tentu saja lebih mahal pupuk yang untuk 6 bulan. Di negara 4 musim pupuk diberikan pada saat musim semi pada bulan Maret dan Mei. Gunakan pupuk NPK 10 : 10 : 10.

Pupuk yang saya gunakan adalah yang khusus untuk tanaman aneka berry, jadi bisa untuk blueberry strawberry, raspberry dan jenis berry lainnya termasuk bisa diberikan untuk tanaman anggur.

4.yang keempat mengenai penyiraman

Penyiraman tanaman raspberry perlu dilakukan secara teratur. Kalau di tempat saya musim semi itu belum terlalu butuh banyak penyiraman. Nah pada saat musim panas ini, mana suhu meningkat dan media tanam cepat kering, penyiraman butuh Lebih banyak,

butuh lebih banyak penyiraman saat musim panas, dibanding saat musim semi dan musim gugur. Jadi kalau di Indonesia memang perlu diperhatikan untuk penyiraman, kalau sudah musim hujan ya dikurangi penyiraman.

Media tanamnya jangan sampai kering, namun jangan ada air yang tergenang.

5.Penyebab lainnya kenapa tanaman raspberi tidak berbuah antara lain

adalah jangan ditanam berdekatan atau bersama tanaman cabai, tomat, terong dan strawberry karena rentan terkena penyakit yang sama.

Buat penyangga tanaman seperti pagar disebut raspberi trellis, jadi seperti cabangnya akan menjadi tegak dan terkena sinar matahari. Tanamannya dan dedaunannya tentu saja akan terkena sinar matahari dengan baik.

Kalau tanaman terlalu rimbun pangkasan tanaman supaya terkena paparan sinar matahri dengan baik.

most raspberry plants grow well on growing media tend to be acidic. For raspberries, it grows well at a pH between 5.6 – 6.2.

kebanyakan tanaman raspberi tumbuh baik pada media tanam cenderung asam. Untuk rapsberi tumbuh baik pada pH antara 5,6 – 6,2. Kalau mau tahu PH media tanam tanaman Raspberi kamu, beli alat tes PH meter, berupa kertas lakmus, atau ada juga yang menggunakan tabung-tabung kecil di mana kita bisa masukkan media tanam sedikit, nanti dilihat perbedaan warna yang setelah diberikan cairan zat aktif, untuk mengetahui ph media tanam. Atau kamu bisa tanya ke toko pertanian terdekat.

Nah untuk PH ini penting sekali, karena kalau misalnya media tanam terlalu basa, tentu saja tanaman raspberi akan tumbuh tidak baik, begitu pula kalau media tanam terlalu asam tidak baik pertumbuhannya. Jadi PH yang cocok untuk tanaman raspberri adalah 5,6 sampai 6,2.

Video Kenapa Tanaman Raspberry Tidak Berbuah?

 

Demikianlah pengalaman saya  mengenai Kenapa Tanaman Raspberry tidak Berbuah?, semoga kamu yang punya Tanaman Raspberry juga bisa mendapat pencerahan ya.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta Raspberry lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini 🙂 .

Oh iya jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Kompos dari Sampah Dapur

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close