Manfaatkan Kulit Bawang Merah Membuat Pupuk Anggrek Sendiri

Manfaatkan Kulit Bawang Merah Membuat Pupuk Anggrek Sendiri. Hai sobat berkebun, khususnya pecinta anggrek, saya ingin berbagi pengalaman mengenai cara membuat pupuk anggrek sendiri. Pupuk anggrek ini adalah pupuk organik atau dari bahan alami yang bisa kita jumpai didapur kita.

Manfaatkan Kulit Bawang Merah Membuat Pupuk Anggrek Sendiri

Saya ingin menunjukkan cara membuat pupuk anggrek alami dari rebusan kulit bawang merah dan sedikit kulit bawang putih. Bahan untuk membuat pupuk anggrek ini gratis loh bisa kita temukan dari dapur.

Kalau bisa bikin sendiri pupuk anggrek kenapa harus beli kan, apalagi pupuk alami atau organik untuk anggrek ini ramah lingkungan.

Baca juga: Fungisida dari Baking Soda Mengatasi Akar Anggrek Bulan yang Bermasalah

Resep ramuan ajaib untuk menyuburkan anggrek saya baca dari forum Berbagi Tips Perawatan Anggrek Indonesia (BTPAI) bagi yang belum bergabung ayo daftar, klik joined ya. Masuk grup belajar anggrek ini gratis ko. Resep pupuk anggrek ini dishare oleh bu Bwin Muthmainah.

Bahan untuk membuat pupuk alami anggrek:

  • Segenggam kulit bawang merah, sedikit kulit bawang putih direbus dalam 400-600 ml air.
  • Rebus kulit bmbp sampai mendidih dan cairan berwarna kemerahan.
  • Dinginkan.
  • Saring.
  • Simpan di botol atau wadah tertutup lainnya, simpan ditempat tidak kena matahari.
  • Bisa digunakan sampai kapanpun, tidak ada expired date, asal cairan masih jernih dan tidak berubah warna atau baunya.

 

Dosis pemberian pupuk anggreknya adalah 1 sendok makan untuk 1 liter air. Berikan pupuk anggreknya setiap 3 hari sekali. Siram ke media tanamnya

Pupuk anggrek dari kulit bawang merah dan bawang putih ini merupakan pupuk anggrek alami supaya anggrek sehat dan rajin berbunga.

 

Video Membuat Pupuk Anggrek Alami dari Rebusan Kulit Bawang Merah

 

Oh ya kalau ada yang nanya apa bisa dicampur air cucian beras (acb)?. Bisa!. ACB kaya vitamin B1 bagus untuk menyuburkan bunga anggrek. Kalau lagi ada air cucian beras, saya campur ke pupuknya. Saya pakai acb nya yang segar, jadi kalau mau siram anggrek saya tambahin acb nya. Acb tidak saya campur ke biang hasil yang saya rebus tadi, karena kalua acb disimpan bermalam baunya sungguh menyengat! Haha.

Saya menyiram anggrek bisa 2 hari saya lakukan penyiraman, karena anggrekku lumayan banyak, saya malas kalau sampai lebih dari 1 jam ngurusin anggrek haha. Anggrek indoor duluan hari pertama saya siram, keesokan harinya baru memberikan pupuk/meniyram anggrek-anggrek outdoor.

Takaran atau resep membuat pupuk diatas  kan dengan segenggam kulit bmbp, nah kita bisa juga ko membuat stok lebih banyak, misal 2-5x lipatnya. Hal tersebut saya lakukan kalau lagi banyak sekali kulit bawang merah karena saya habis bikin stok bawang goreng sendiri.

Baca juga: Suka Bunga Anggrek? Ayo Mengunjungi Taman Anggrek Ragunan

 

Kita bisa melihat hasilnya setelah 2-3 minggu pemberian pupuk organik anggrek. Selamat mencoba

Video Hasil Penggunaan Pupuk Anggrek Alami dari Kulit Bawang Merah

 

Salam anggrek.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini 🙂 .

Oh iya jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Baca juga: 5 Cara Jitu Mengusir Semut Pada Bunga Anggrek

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close