Media Anggrek Moss Hitam Untuk Seedling Cattleya

Media Anggrek Moss Hitam Untuk Seedling Cattleya.

Karena anggrek BLT di obrak abrik tikus, mau tidak mau terpaksa saya ganti dengan media tanam yang baru. Media tanam yang saya gunakan pakai mos hitam. Mos hitam ini adalah akar kadaka.

Media Anggrek Moss Hitam Untuk Seedling Cattleya

1 paket harganya Rp. 95.000 ternyata isi 3 bungkus mos hitam, berat totalnya 1,3 kg. Sepertinya sih kalau beli 1 kantong saja bisa deh. Waktu dapat paket BLT dari pak Mansur Tompo, saya sekalian beli media anggrek moss hitam dan antifungi juga.

Mos hitam akar kadaka bisa di gunakan untuk membuat kokedama, saya pakai media anggrek ini karena bagus menyimpan air, soalnya saya malas kalau harus menyiram anggrek setiap hari, tidak sempat juga banyak kerjaan rumah tangga lainnya.

Balik ke soal anggrek di berantakin tikus. Sejak anggrek BLT saya terima 6 Februari 2019, kalau malam hari saya taruh didalam rumah, pagi hari saya keluarin lagi. Malam itu saya iseng aja, penasaran apa benar kata mamaku kalau malam tikus merajalela pada keluar.

Baca juga: Bahagianya Beruntung dapat BLT Anggrek ke 342 isi paket 10 Seedling Cattleya dan pupuk B+

Eh pagi hari mamaku membangunkanku, bilang kalau 2 pot seedling cattleya saya sudah berantakan di acak-acak tikus. Setelah saya cek hanya satu anggrek tepinya yang digigit tikus, lainnya hanya terlepas dari media tanamnya saja.

Baru keesokan harinya sempat saya repotting. Saya rendam dalam Dithane serbuk antifungi selama 10 menitan. Sementara itu saya rendam mos hitam juga dalam air supaya mengembang.

Saya sudah nanya ke pak Mansur apa perlu merendam mos hitam dalam fungisida, kata beliau tidak perlu karena sudah diolah dan dibersihkan beliau. Jadi saya hanya rendam saja, supaya media anggrek mos hitam basah.

Sebelum direndam air, mos hitam berwarna kecoklatan, setelah direndam air menjadi kehitamannya, ya sesuai deh ya dengan namanya. Oh ya siapa tahu ada yang berminat dengan mos hitam juga. Saya membelinya dari pak Mansur bisa lihat link FB ini Mansur Tompo

Video Repotting Anggrek dengan Mos Hitam (10 seedling Cattleya) yang di Obrak-Abrik Tikus

Mamaku kalau membasmi tikus, dikasih racun tikus berupa makanan gitu. Ditaruh di tempat yang sering dilalui tikus, eh tuh racun habis ludes disantap tikusnya, besoknya bau menyengat di atap rumah haha karena tuh tikus sudah mati. Setelah bbrp hari untunglah hilang baunya, pasti sudah kering tuh bangkai tikusnya.

Demikianlah pengalaman saya mengenai Media Anggrek Moss Hitam Untuk Seedling Cattleya, semoga kamu yang mau mencari alternatif media tanam anggrek bisa mendapat pencerahan ya.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini 🙂 .

Oh iya jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Baca juga: Daun Anggrek Bulan Layu dan Keriput Penyebab Berikut Cara Mengatasinya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close