Melaporkan Video Youtube Anggrekku yang di Reupload

Melaporkan Video Youtube Anggrekku yang di Reupload. Hai sobat berkebun, untuk kedua kalinya ada video berkebun saya yang di re-upload di youtube. Pertama sekitar 1-2 tahun lalu, lupa kapan tepatnya, yang dire-upload adalah video bunga tulip saya.

Nah kali ini yang dire-upload adalah video bunga anggrek saya yang berjudul Tips Merangsang Tangkai Anggrek Phalaenopsis Berbunga Kembali. Di re-upload oleh youtuber yang salurannya bernama budidaya Anggrek. Saya posting video tersebut pada Desember 2016 dan di re-upload pada Agustus 2017.

Melaporkan Video Youtube Anggrekku yang di Reupload

 

Saluran Budidaya Anggrek yang re-upload video saya ini, membuat thumbnail video sendiri, kesannya agak sedikit kreatif ya, pasang thumbnail sendiri yang bagus, sayangnya videonya hasil ngambil video saya. Hal ini tentu saja melanggar hak cipta saya sebagai pembuat video aslinya.

Saya heran saluran tersebut bernama Budidaya Anggrek ini, kenapa tidak upload video koleksi anggrek-anggrek dia?. Kalau kamu mau main youtube, dan memilih nichie tema berkebun, buatlah video-video hasil rekaman sendiri, atau rekam video-video anggrek/tanaman tetangga/keluarga, minta izin dulu ya kalua mau rekam bukan milik sendiri.

Walaupun awalnya hasil video sangat sederhana, lama-kelamaan kamu akan bisa membuat video yang bagus loh, cobalah sesekali menonton video-video pengembangan saluran youtube juga. Ada banyak channel tutorial yang mengajarkan bagaimana membuat saluran youtube kita bisa berkembang dengan baik.

Di youtube hak cipta sangat dihargai, kamu tidak bisa asal download video orang dan di re-upload diakui sebagia videomu!. Kalau kamu suka video seseorang kamu bisa berika jempol “suka/like“ nanti daftarnya akan muncul di like youtubemu, yang bisa kamu buka halamannya kapanmu kamu mau, atau kamu bisa buat playlist sendiri dan masukkin video-video youtube yang kamu sukkah dan mungkin kamu butuh suatu saat nanti buat belajar. Kalau membuat playlist tidak perlu download video orang lain, cukup masukkan alamat url videonya ke daftar playlist saluran kamu.

Baca juga: 2 Kali Naik Banding Tuduhan Pelanggaran Hak Cipta Youtube

Bagaimana saya bisa mengetahui ada video saya yang di reupload?. Seperti pada video pertama, pada video kedua ini saya diberitahu oleh subscribe saluran saya. Terima kasih buat Alvin yang sudah memberitahukannya 🙂 .

Cepat atau lambat video re-upload akan ketahuan, baik oleh pemilik asli, atau dari subscriber saluran aslinya. Kalau ada video sejenis/sama tema misal tentang anggrek, akan muncul rekomendasi dari youtube di sisi kanan layar youtube. Nah kalau kita sudah kenal dengan seorang youtuber dan sering nonton saluran dia, kita akan tidak sengaja ada perasaan, “ko rasanya pernah lihat video ini?, tapi kenapa nama salurannya beda?.”

Kalau ada videomu yang di re-upload, cara melaporkannya ke youtube adalah kamu bisa mengisi form yang disediakan youtubenya https://www.youtube.com/copyright_complaint_form  atau bisa lakukan dari video re-upload tersebut, untuk jelasnya silakan tonton video saya ya.

Harap diperhatikan dengan seksama saat mengisi formnya jangan sampai salah mengisi saluran/video yang mau dilaporkan, karena ada diminta juga url video aslinya. Kalau semua terbutkti benar terjadi pelanggran hak cipta video re-upload akan dihapus oleh pihak youtube.

 

Hati-hati youtuber kalau kamu sering re-upload video orang lain, baca link youtube ini: https://support.google.com/youtube/answer/2814000?hl=id Jika Anda menerima teguran hak cipta sebanyak 3 kali:

  • Akun Anda, bersama dengan channel terkait, akan dihentikan.
  • Semua video yang diupload ke akun Anda akan dihapus.
  • Anda tidak dapat membuat channel baru.

 

Informasi klaim hak cipta kalian bisa baca di link dibawah ini:

https://support.google.com/youtube/answer/2807622?hl=id
https://support.google.com/youtube/answer/2807622?hl=en
https://support.google.com/youtube/answer/6013276?hl=en
https://support.google.com/youtube/answer/6005900?hl=en

 

Video Klaim Hak Cipta Video Anggrekku di Re-upload

 

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Kompos dari Sampah Dapur

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close