Memanfaatkan Sampah Dapur Sebagai Pupuk Kompos Tambulapot Nektarin

Memanfaatkan Sampah Dapur Sebagai Pupuk Kompos Tambulapot Nektarin. Hai sobat berkebun, sampai saat ini saya masih tetap rajin mengumpulkan sampah dapur untuk membuat pupuk organik atau kompos tanaman. Kali ini sampah dapur yang saya kumpulkan untuk pupuk tambulapot tanaman buah dalam pot Nektarin.

Memanfaatkan Sampah Dapur Sebagai Pupuk Kompos Tambulapot Nektarin

Saya menanam biji Nektarin 3 tahun lalu. Saya rendam biji buah nektarinnya dalam air selama 4 hari. Dari 3 biji, ada satu yang numbuh. Senangnya buakan kepalang dong 🙂 .

Karena saya tidak sempat memindah tanamannya setelah tumbuh agak besar, niatnya sementara ya taruh saja diatas polibak besar yang tak terpakai, dimana isinya adalah sampah dapur campur tanah, eh ternyata malah tumbuh subur pohon nektarinnya.

 

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Kompos dari Sampah Dapur 

Tahun ini akan dua kali pohon Nektarin saya melewati musim dingin. Dedaunannya sudah rontok, nanti akan tumbuh lagi daunnya saat musim semi mulai bulan Maret. Rantingnya dan daunnya banyak sekali, saya belum pernah pangkas drastis.

Kalau menanam pohon buah dari biji harus panjang sabar karena bisa bertahun-tahun baru akan berbuah untuk pertama kalinya.

Cara mempersiapkan sampah dapur untuk dibuat kompos:

  • Saya kumpulkan dulu sampah dapurnya di wadah tertentu, kalau sudah banyak baru saya kubur.
  • Buat cacahan/potong kecil sampah dapurnya untuk mempermudah hancurnya sampah.
  • Untuk ampas kopi saya taburi diatas sampah dapur yang dikumpulkan.
  • Ampas teh saya taruh begitu saja bersama bungkusnya, karena klo dibuka kantong celupnya nanti berantakan ampasnya.

Saya menggunakan bahan penghancur kompos (komposter), kalau di Indonesia ada namanya EM4 gunakan sesuai takaran yang tertulis pada kemasan ya.

Video saya yang juga membahas membuat pupuk sendiri:

 

Video Memanfaatkan Sampah Dapur Sebagai Pupuk Kompos Pohon Buah Nektarin

Sampah dapur yang saya manfaatkan untuk dibuat pupuk antara lain:

  • Sisa sayur-sayuran segar. Segar artinya dari sisa sayuran yang akan dimasak. Kalau sisa makanan (sudah dimasak) tidak saya pakai.
  • Kulit buah-buahan, seperti kulit jeruk, apel, pisang, buah pir dan buah berkulit lainnya. Kulit pisang kandungan potasiumnya bagus untuk menyuburkan bunga mawar, lalu ada juga kandungan kalium dan fosfor membuat subur tanaman.
  • Kulit atau cangkakng telur, kandungan kalsiumnya bagus untuk menguatkan tanaman dan merangsang tumbuhnya akar.
  • Bubuk teh dan ampas kopi. Ampas kopi mengandung Nitrogen yang berguna sebaii pupuk unsur N, namun jangan terlalu banyak ya, karena sifatnya yang asam tidak semua tanaman tahan asam.

Semoga pengalaman saya mengenai Sampah Dapur Sebagai Pupuk Kompos Pohon Buah Nektarin berguna untuk sobat berkebun, selamat mencoba ya.

Baca juga: Cara Menanam Bibit Benih Tanaman Ukuran Kecil

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close