Memisahkan dan Repotting Anggrek Cattleya

Memisahkan dan Repotting Anggrek Cattleya. Hai sobat berkebun khususnya orchid lovers, pada video dibawah saya repotting/mengganti media tanam anggrek cattleya. Anggrek cattleya ini selama 3 tahun belum berbunga lagi, karena saya salah menaruhnya ditempat yang sejuk bersamaan anggrek bulan.

Memisahkan dan Repotting Anggrek Cattleya
Memisahkan dan Repotting Anggrek Cattleya

Sejak  Januari 2018 tahun ini saya pindahkan tempatnya ke yang lebih hangat, dan saya memutuskan menaruhnya diluar rumah, karena cuacanya lagi panas-panasnya alias summer. Awalnya sih kasihan melihat anggrek cattleyanya, daunnya kisut gitu. Akhirnya si anggrek cattleyaku bisa menyesuaikan diri deh.

Kalau indoor saya siram seminggu sekali, nah karena taruh diluar rumah, maka saya menyiramnya seminggu 2x. Anggrek cattleya lebih suka disiram kalau media tanamnya sudah agak kering. Selain sudah menaruhnya di luar rumah, saya juga mengikuti tutorial merawat anggrek dari forum anggrek, saya kasih ramuan murah meriah yang ada didapur.

Merawat anggrek cattleya supaya berbunga
Amplop Cattleya, semoga jadi bakal bunganya, bukannya di php in lagi

Wah ajaib deh, lumayan banyak akar baru numbuh, lalu tunas-tunas baru tumbuh, tunas barunya sudah ada amplopnya, dari amplop tersebut nantinya akan muncul bunganya. Semoga tahun ini saya akan bisa melihat cattleyaku berbunga kembali.

Video Repotting dan Memisahkan Anggrek Cattleya

Oh ya ramuan ajaib murah meriah nya adalah air cucian beras dan bawang merah bawang putih (bmbp) yang dihancurkan lalu campur air cucian beras, biarkan campuran tersebut semalaman. Saring dan siramkan ke anggrek dua kali dalam seminggu, dan buktikan sendiri, akan banyak numbuh akar dan tunas baru.

Hasil eksperimennya akan saya tunjukan divideo tersendiri, saat nantinya cattleyaku sudah berbunga ya, pada video kali ini mau kasih lihat proses repotting cattleya dahulu.

Untuk media tanam saya pakai cacahan sabut kelapa (Coconut Husk Chips/ coco chpis) karena sabut kelapa lebih bagus menyerap dan menyimpan air, ketimbang sphagnum moos dan cacahan kayu pinus yang saya guanakan selama ini.

Baca juga: Repotting Anggrek Cattleya Interglossa Seedling

Hal ini saya tahu saat mau membeli anggrek cattleya bentuk seedling, ternyata di olshpnya di jual Coconut Husk Chips ini. Saya belinya di www.cattleya-blue.de .

Sebelum digunakan metan coco chips ini harus direndam air dulu karena ada kandungan garam dan Taninnya. Direndamnya selama 2 malam, atau sampai air hampir bening, tidak lagi coklat/merah pekat

Video Sabut Kelapa Coconut Husk Chips Sebagai Media Anggrek 

 

Tanin pada sabut kelapa adalah salah satu dari beberapa zat yang terkandung di dalam sabut kelapa. Zat tanin pada sabut kelapa dapat menghambat pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman anggrek yang ditanam disabut kelapa menjadi kerdil, bahkan mati.

 

Baca juga:  Unboxing dari Cattleya Blue – Bibit Anggrek, Pupuk NPK dan Metan Seedling

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close