Menanam Bunga Tulip dan Bunga Musim Semi lainnya

Menanam Bunga Tulip dan Bunga Musim Semi lainnya. Hai sobat berkebun, buat kamu yang ingin menanam bibit bunga tulip, kalau kamu tinggal di negara tropis, maka bibit/umbinya harus di cold treatment dulu ya, yakni disimpan umbinya dikulkas selama 3-4 bulan.

Menanam Bunga Tulip dan Bunga Musim Semi lainnya

Hal ini supaya sama perlakukannya seperti di negara 4 musim. Setelah lewat masa cold treatment barulah bibit/umbinya ditanam. Kalau di negara 4 musim, bibit bunga tulip dan bunga musim semi lainnya ditanam saat cuaca mulai dingin, yakni di musim gugur (September – Desember), lalu akan melewati winter dan mulai numbuh bibitnya saat awal musim semi dibulan Maret.

★☆★ Informasi detail caranya silakan baca tulisan ini: Menanam Tulip di iklim Tropis Jakarta

★☆★ Postingan saya lainnya mengenai bunga tulip klik bunga tulip yang cantik 

Bunga tulip bisa ko numbuh di negara tropis, asal tahu trik saja, dan paling penting punya semangat 45 hehe alias panjang sabar, karena prosesnya mungkin dianggap ribet buat sebagian kalangan. Cold treatmentnya aja butuh waktu 3-4 bulan, belum lagi perawatan setelah menanam umbinya.

bibit umbi bunga tulip
Menanam tulip dan aneka bunga musim semi

Kalau sudah mulai numbuh, tanamannya bisa kena matahari pagi, kalau bunganya mau lebih awet mekarnya taruh di ruangan Ber ac, soalnya di negara 4 musim saat musim semi itu suhunya masih dibawah 20 derajat C.

Oh iya sebaiknya cari bibit bentuk umbi ya, seperti yang ada pada foto diatas itu bentuknya. Kalau nanam dari benih lama sekali butuh waktu bertahun-tahun baru bisa bebrunga, ya itupun kalau umbinya tidak busuk. Perhatikan keterangan bibit yang dijual, apakah ditulis bentuk umbi atau benih, kalau hanya ditulis bibit tulip saja dan tidak ada keterangannya, sebaiknya tanyakan dulu ke penjualnya. Kalau bibit dalam bentuk umbi akan langsung berbunga (cold treatment dulu ya) pada tahun yang sama penanaman.

★☆★ Artikel lain mengenai menanam tulip di Indonesia:

Video Menanam Bibit Bunga Tulip dan Bunga Musim Semi lainnya

 

Baca juga: Berkebun itu Bikin Ketagihan, Coba aja kalau tidak Percaya

error: Content is protected !!
Read more:
Close