Menempelkan Anggrek Mini Haraella Retrocalla Pada Kayu

Menempelkan Anggrek Mini Haraella Retrocalla Pada Kayu. Hai pecinta anggrek, apakah kalian pernah mendengar mengenai anggrek mini Haraella retrocalla?. Haraella Retrocalla anggrek asal Taiwan ini ukurannya sangat kecil, daunnya hanya berukuran sekitar 3 cm saja.

Menempelkan Anggrek Mini Haraella Retrocalla Pada Kayu

2 tahun lalu saya pernah punya dan merawatnya dalam pot,dan anggrek mini ini rajin berbunga, dalam sethaun bisa lebih dari 3 kali muncul bunganya. Sayangnya setelah 2 tahun saya rawat anggrek mini tersebut mati. Saya ingin membelinya lagi, ternyata tidak tersedia di olshop langganan saya. Tahun ini saya membeli 9 anggrek dari shop langganan, dan ternyata Haraella retrocalla tersedia lagi 🙂 .

Pada video dibawah, saya memperlihatkan untuk pertama kali nya mencoba menempelkan anggrek mini Haraella Retrocalla pada potongan kayu. Saya tertarik coba mau mounted orchid karena say abaca sana sini kalau Haraella retrocalla ini kebanyakan ditempel pada kayu.

Haraella Retrocalla anggrek asal Taiwan ini ukurannya sangat kecil, maka kayu yang saya gunakan juga ukurannya kecil. Pada dasar kayunya dimana nanti anggrek saya tempelkan, saya berikan selapis moss hitam akar kadaka lalu sedikit moss putih (spagnum moss) lalu saya tambahkan selapis moss hitam lagi.

Anggrek saya tempel pada bagian depan moss hitam lalu saya berikan sedikit moss hitam untuk menutup beberapa bagian akar anggrek mini, kemudian anggrek saya ikat dengan benang anggrek orchid flex.

Baca juga: 5 Cara Jitu Mengusir Semut Pada Bunga Anggrek

Setelah proses menempelkan anggrek pada kayu selesai, saya rendam anggrek yang sudah terikat dikayu dalam larutan fungisida. Saya gunakan Dithane. Takaran Dithane nya 2 gram untuk 1 Liter air.

Saya rendam mounted Haraella retrocalla orchid selama kira-kira 15 – 30 menitan, setelahnya saya keluarkan dari larutan fungisida dan saya gantung terbalik, supaya tidak ada air yang tertinggal pada pangkal anggrek, supaya tidak busuk daun anggreknya.

Haraella retrocalla adalah anggrek mini dengan bunganya berwarna kuning dan merah. Bunga anggrek spesies ini memiliki aroma jeruk. Jika dirawat dengan baik tanaman ini dapat mekar terus menerus sepanjang tahun.

Haraella retrocalla anggrek spesies berasal dari Taiwan pada ketinggian 500-1500 m.

Tanaman anggrek mini Haraella tumbuh secara monopodial, dan batangnya seperti tumbuh secara horizontal sehingga daunnya sedikit tumpang tindih dan menerima lebih banyak cahaya.

Percabangan batang jarang terjadi, tetapi kadang-kadang terjadi. Anggrek Haraella ini dapat ditanam dalam pot, tetapi umumnya lebih baik ditempelkan ke kayu,

Video Menempelkan Anggrek Mini Haraella retrocalla Pada Potongan Kayu

Anggrek mini Haraella tidak suka keadaan kering terlalu lama; dalam pot biasanya disiram setiap 2-3 hari. Jika kita menempelkan anggrek mini Haraella pada kayu maka harus disiram setiap hari. Celupkan beberapa saat ke dalam ember supaya basah sempurna.

Kelembaban yang baik (sekitar 70%) akan membuatnya tidak cepat kering, tetapi kalau ditanam di pot jika berikan kelembaban lebih dari 50% sudah baik.

Demikianlah pengalaman saya Menempelkan Anggrek Mini Haraella Retrocalla Pada Kayu. Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini 🙂 .

Oh iya jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Baca juga: Suka Bunga Anggrek? Ayo Mengunjungi Taman Anggrek Ragunan

error: Content is protected !!
Read more:
Close