Mengganti Media Tanam Anggrek Bulan Phalaenopsis

Mengganti Media Tanam Anggrek Bulan Phalaenopsis. Anggrek bulan atau Phalaenopsis orchid adalah anggrek yang membutuhkan sedikit perawatan, anggrek jenis ini konon katanya merupakan anggrek pemula buat yang mulai menyukai bunga anggrek dan mau belajar merawat anggrek.

Mengganti Media Tanam Anggrek Bulan Phalaenopsis

Setelah sukses merawat anggrek bulan, bisalah kita mencoba merawat anggrek jenis lainnya, seperti dendrobium, cattleya, paphiopedilum, vanda, dll

Tonton: Video 4 Penyebab Kuntum Anggrek Layu Sebelum BerkembangĀ 

Pada video dibawah, saya mengganti repotting (media tanam) dua anggrek bulan saya, pertama yang warnanya kuning hadiah ultah saya tahun 2017 dan anggrek bulan black jack yang saya dapatkan juga dari suami tercinta saat ultah pernikahan kita bulan April 2018 lalu.

Sejak dibeli kedua anggrek ini belum saya ganti media tanam. Saya menunggu sampai masa berbunga selesai dahulu, kuatir bunganya berhenti mekar kalau saya ganggu akarnya. Anggrek bulan yang kuning saya lihat tidak ada masalah, daun baru sudah tumbuh, akarnyapun bagus gendut gitu, sedangkan yang black jack nih harus segera diganti metannya, karena saya lihat lumayan banyak calon bunga yang gagal mekar, menjadi layu dan rontok sendiri. Anggreknya terlihat stress šŸ™ .

Sebenarnya saya mau membeli media tanam khusus anggrek bulan, namun karena saya pikir black jack ini dalam keadaan gawat darurat, jadi saya gunakan media tanam universal, yang katanya bisa digunakan untuk semua jenis anggrek. Saya tidak terlalu suka metan ini, walaupun mereknya bagus sih, karena metannya terlalu halus, dan banyak serpihan halus nyaris seperti pasir gitu.

 

Cara untuk mengganti media tanam Anggrek:

  • Rendam potnya selama beberapa waktu supaya akar-akar anggreknya mudah dilepaskan satu dan lainnya.
  • Buang/gunting akar yang rusak/kopong/kosong. Sterilkan gunting dengan alkohol.
  • Gunakan pot yang baru, jangan terlalu besar potnya, karena pot yang besar akan membuat akarnya banyak numbuh dan tidak keluar bunganya. Akar anggrek suka berlekatan satu dan lainnya, kalau potnya terlalu besar maka akr akan terus numbuh sampai memenuhi pot dan baru akan terjadi pembuangan.
  • Buang media tanam yang lama, jangan dicampur.
  • Kalau saya gunakan media tanam sudah jadi beli di nursery anggrek. Ada metan khusus anggrek cattleya, anggrek bulan, paphiopediulum dan lainnya.

Video Repotting Anggrek Bulan Phalaenopsis

 

Baca juga: Perawatan Bunga Anggrek Phalaenopsis Supaya Rajin Berbunga

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close