Mengganti Media Tanam Anggrek Paphiopedilum Maudiae Vinicolor

Mengganti Media Tanam Anggrek Paphiopedilum Maudiae Vinicolor. Hai orchid lover, saya membeli anggrek  unik Paph. Maudiae Vinicolor di  Schwerter orchids nursery pada bulan April 2016.  Harga anggrek ini 12.95 eur (Rp. 207.000), kalau yang sudah ada bakal bunga lebih mahal, harganya 22 euro.

Mengganti Media Tanam Anggrek Paphiopedilum Maudiae Vinicolor

Setelah 4 bulan dipelihara senang hatiku anggreknya muncul bakal bunganya 🙂 . Nunggu 2 bulan loh sampai bakal bunga (spike) mulai terlihat bentuknya dan sebulan kemudian baru mulai mekar. Setelah bunganya muncul ada anakannya. Anggrek selop ini termasuk slow grower, jadi kita yang ngefas dengan Anggrek Paphiopedilum harus punya stok sabar yang berlimpah ya.

Anakannya belum berbunga tahun 2018 ini karena masih sedikit daunnya, sedangkan dari tempat keluar bunga sebelumnya tidak akan muncul bakal bunga lagi dari situ, jadi ya saya harus bersabar melihat sampai anakannya dewasa.

Beberapa hari lalu saya mengganti media tanam anggrek sepatu Maudiae ini karena saya lihat sphagnum moss nya sudah tidak bagus lagi. Tahun lalu saya pakai media tanam khusus Anggrek Paphiopedilum yang saya beli juga di Schwerter orchids, nah karena saya belum ada orderan lagi ke Schwerter orchids, maka saya repotting anggrek sepatu ini dengan menggunakan cacahan sabut kelapa (Coconut Husk Chips/ coco chpis) karena sabut kelapa lebih bagus menyerap dan menyimpan air, ketimbang sphagnum moos dan cacahan kayu pinus yang saya gunakan selama ini.

Video Repotting Anggrek Paphiopedilum Maudiae Vinicolor

Sebelum digunakan metan coco chips ini harus direndam air dulu karena ada kandungan garam dan Taninnya. Olshop menyarankan merendam coco chips selama 2 hari, namun saya lakukan lebih lama bisa 3-4 hari sampai airnya tidak berwarna merah/coklat pekat lagi

Video Sabut Kelapa Coconut Husk Chips Sebagai Media Anggrek 

 

Tanin pada sabut kelapa adalah salah satu dari beberapa zat yang terkandung di dalam sabut kelapa. Zat tanin pada sabut kelapa dapat menghambat pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman anggrek yang ditanam disabut kelapa menjadi kerdil, bahkan mati.

Anggrek sepatu wanita ini saya taruh di Window Sill kamar mandi, karena anggrek ini suka tempat lembab dan sejuk, tidak suka terkena matahari langsung. Daun anggrek sepatu ada 2 macam. Kalau yang hijau polos konon katanya lebih tahan panas, sedangkan yang saya punya ini daunnya bercorak, tipe anggrek yang perlu dimanjakan dengan kesejukan 🙂 .

Baca juga: Tanaman Hias Pada Windowsill Jendela Rumahku

Kalau mau lihat proses anggrek sepatu saat muncul spike dan mekar sempurna silakan klik video Paphiopedilum Maudiae Vinicolor Anggrek Warna Wine.

Saya ingin deh punya juga Paphiopedilum Maudiae lain yakni yang warna hijau, semoga kesampaian nantinya 😉 .

Baca juga: Perawatan Bunga Anggrek Phalaenopsis Supaya Rajin Berbunga

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close