Mengganti Media Tanam Anggrek Spesies Chelonistele Sulphurea

Mengganti Media Tanam Anggrek Spesies Chelonistele Sulphurea. Saya membeli Chelonistele sulphurea pada Maret 2016. Beli online di nursery orchid Jerman yang namanya Roellke Orchideen .

Di olshop ini banyak sekali seedling anggrek dijual. Pada saat yang sama saya membeli juga seedling anggrek bulan Indonesia Phalaenopsis celebensis, Paphiopedilum spicerianum dan Paphiopedilum wardii var. alba dari Indonesia. Saya beli bentuk seedling ketiganya karena yang dewasa mahal banget!.

Mengganti Media Tanam Anggrek Spesies Chelonistele Sulphurea

Nah Chelonistele sulphurea sudah 2x berbunga, saya kira kan beli tahun 2015, eh ternyata saya beli tahun 2016 berarti tahun yang sama dibeli langsung berbunga 🙂 . Harganya saat beli 7,90 euro (Rp. 118.500).

Chelonistele sulphurea termasuk spesies anggrek. Entahlah saat itu saya memutuskan membeli Chelonistele, apakah karena asalnya (ada juga) dari Indonesia. Saya lihat keterangan anggrek di nurserynya, Chelonistele sulphurea ini asal: Malaysia, Sulawesi, Sumatera, Jawa dan filipina.

Chelonistele sulphurea ini katanya ada wanginya, cuma ya lemah sih kalau menurut saya. Bunganya cantik menjuntai. Selama dua tahun terakhir, anggrek ini hanya menghasilkan satu spike per tahunnya.

Saya ingin deh punya lebih banyak koleksi anggrek asal tanah air tercinta, walaupun harganya tentu saja jauh lebih mahal, jadi saya harus menabung dulu.

Saya mengganti media tanam chelonistele sulphurea karena saya lihat ko ada 2 daun mulai menguning di bagian atasnya, entah kurang nutrisi atau memang siklus hidupnya begitu, entahlah apakah daun tuanya akan rontok seperti pada umumnya anggrek bulan.

Daripada ditungu lama, keburu muncul bakal bunga, maka saya ganti metannya 01 Juni 2018 lalu. Potnya saya ganti juga dengan yang agak besar karena pseudobulbs nya sudah makin banyak numbuh. Eh pas di repotting ternyata kalau mau dipisah juga bisa sih, akar dan bulbnya sudah bisa dan memang seperti terbagi dua dengan sendirinya, namun saya urung memisahkan ah, karena pot yang saya gunakan lebih besar.

Video Repotting Anggrek Chelonistele Sulphurea

 

 

Keterangan Chelonistele Sulphurea di olshopnya
Name: Chelonistele sulphurea
Etymologie: sulphureus = sulphur-coloured
Origin: Malaysia, Borneo, Sumatra, Java and Philippines
Location: altitudes from 500 to 2800m. Growing mostly on oaks or chestnut trees on thick moss. Prefers semi light places
Propagation: from seed
Difficulty: easy

Baca juga: Perawatan Bunga Anggrek Phalaenopsis Supaya Rajin Berbunga

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close