Mirip Mata Alien Ulat Hijau Gendut Mata Besar Oleander Hawk Moth Caterpillar

Mirip Mata Alien Ulat Hijau Gendut Mata Besar Oleander Hawk Moth Caterpillar. Suatu pagi hari tiba-tiba saya melihat ulat Marco Caterpillars sedang memakan dedaunan bunga sabrina mini (melati Jepang). Nama ulat hijau pemakan daun tersebut adalah Daphnis nerii, ulat ngengat tentara atau oleander hawk-moth Caterpillar dalam Bahasa Inggris.

Mirip Mata Alien Ulat Hijau Gendut Mata Besar Oleander Hawk Moth Caterpillar

Dalam dua hari terakhir mamaku sudah nemuin 9 ulat hijau besar di tanaman hias rumah adikku di Bekasi. Saya baru pertama kali melihat ulat hijau besar pemakan daun tersebut. Mau ngambil untuk saya matikan aja huhu geli banget, jadi si mama yang saya panggil untuk matikan ulat tersebut.

Ulat adalah tahap larva dari spesies dalam ordo Lepidoptera, yang mencakup kupu-kupu dan ngengat. Kebanyakan adalah pemakan tumbuhan walaupun beberapa spesies merupakan pemakan serangga. Kebanyakan ulat dianggap sebagai hama dalam pertanian. Banyak spesies ngengat dikenal karena tahap ulatnya menyebabkan kerusakan pada buah dan produk pertanian lainnya.

ulat hijau pemakan daun
Bentuk yang menyerupai mata bukan mata sebenarnya untuk mengancam predator

Ulat hijau mata besar larva ngengat ini umumnya hidup di tanaman oleander (Nerium oleander) yang terkenal sangat beracun, tetapi larva ngengat tentara tampaknya kebal dengan racun tersebut. Mereka juga mungkin memakan tanaman dari famili Apocynaceae, seperti Adenium obesum.

Terlihat dalam video begitu cepat ulat hawk-moth Caterpillars memakan dedaunan, mungkin kalau tidak sering dilihat mamaku, satu tanaman utuh tersebut bisa habis disantap ulat dalam semalam.

Lihat kan bentuk yang menyerupai mata besar di atas kepala ulat Oleander Hawk Moth tersebut, sebenarnya mata itu palsu, hanya untuk menakut-nakuti predator dari wajahnya.

Lain kali kalau saya menemukan ulat bermata besar tersebut, akan saya coba pelihara karena saya penasaran melihat proses perubahan dari ulat hingga menjadi kupu-kupu.

Bagi sebagian orang, pecinta serangga khususnya marco Caterpillars Oleander Hawk Moth Caterpillar (Daphnis nerii, Sphingidae) terlihat sangat cantik, namun buat saya sungguh menyeramkan, apalagi matanya itu seperti mata alien 😀 .

 

Video Seremnya Pertama kali Lihat Oleander Hawk Moth Caterpillar Ulat Hijau Gendut Mata Besar

 

Baca juga: Kumbang Koksi Ladybug Sahabatnya yang Hobi Berkebun

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close