Perawatan Bunga Anggrek Phalaenopsis Supaya Rajin Berbunga

Perawatan Bunga Anggrek Phalaenopsis Supaya Rajin Berbunga. Hai sobat berkebun, apakah kamu menyukai bunga anggrek seperti saya?. Apakah kamu sudah merawat anggrek bulanmu dengan TLC (tender love care) namun ko, anggrekmu bulanmu mati melulu? atau masih belum berbunga juga?.

Perawatan Bunga Anggrek Phalaenopsis Supaya Rajin Berbunga

3 tahun pertama saya gagal merawat anggrek. Tiap tahunnya saya bahagia saat membeli banyak anggrek, eh tahun berikutnya mati, begitu seterusnya sampai 3 tahun berturut-turut. Karena tidak mau gagal melulu saya banyak baca artikel online dan cetak, juga nonton aneka video tutorial cara merawat anggrek, akhirnya kini saya tahu rahasia merawat anggrek bulan dan tiap tahun anggrek-anggrek bulan saya selalu berbakti, yakni berbunga dengan indahnya 🙂 . Kelopak Bunga anggrek bulan bisa bertahan 3-6 bulan mekarnya.

Baca juga: Mengganti Media Tanam Anggrek Bulan Phalaenopsis

 

Tips Perawatan Bunga Anggrek Bulan Phalaenopsis ala Kebun Emaknya Benjamin:

  • Anggrek suka tempat terang. Taruhlah anggrek bulan ditempat terang dan terkena matahari pagi. Saat panas terik siang hari jangan sampai terkena matahari karena daunnya akan terbakar. Saya menaruh anggrek bulan saya dijendela kamar tidur, di tempat ini saat pagi dan menjelang siang sangat terang. Karena saya tinggal di negara 4 musim, maka saya merawat semua anggrek saya didalam ruangan,. Hanya saat musim panas anggrek bisa ditaruh diluar rumah.
  • Penyiraman anggrek bulan. Penyiraman saya lakukan kalau akarnya sudah menunjukkan tanda butuh air/kering, hal ini bisa dilihat dari warna akar anggrek bulan. Saat akar masih berwarna hijau tanda anggrek belum butuh penyiraman, kalau akarnya sudah berwarna abu-abu berarti anggrek bulan butuh air. Saya menggunakan pot plastik yang transparan, jadi saya bisa melihat kondisi akar anggreknya. Saat musim semi hingga akhir musim panas, penyiraman saya lakukan seminggu sekali, sedangkan saat musim gugur dan musim dingin, penyiraman saya lakukan lebih jarang, yakni setiap 10 hari sampai 14 hari sekali. Kalau kamu tinggal di negara tropis seperti Indonesia, bisa saja setiap hari atau 2 hari sekali anggreknya perlu disiram, sedangkan saat musim hujan sebaiknya lebih jarang menyiram anggreknya. Setelah selesai penyiraman, jangan sampai ada air yang tertinggal di pot anggreknya, saya selalu meniriskan airnya dari pot. Penyiraman saya lakukan saat pagi hari, jadi media tanamnya tidak terlalu basah saat malam hari. Penyiraman saya lakukan biasanya saat hari cerah (matahari terang), kalau mendung, biasanya saya tunggu keesokan harinya, kalau masih jelek juga cuacannya, saya tunggu maksimal sampai 3 hari, kalau tetap jelek cuacanya, terpaksa saya siram. Kenapa saya menunggu hari cerah saat menyiram anggrek, adalah supaya media tanam sempat mengering saat malam hari.

 

  • Pemupukan anggrek bulan. Saya menggunakan pupuk yang beli dari toko penjual anggrek yang katanya sudah menjual anggrek selama 40 tahun. Komposisi NPK pupuk anggreknya adalah 14:7:8 . Kalau pupuk ini habis saya menggunakan Micin (monosodium glutamate) sebagai pengganti pupuk, Pemupukan saya lakukan seminggu sekali, atau diselang seling antara pupuk dari toko dan pemberian micin. Saat musim dingin anggrek tidak saya beri pupuk.

Video Tips Pemberian Vetsin untuk Pupuk Bunga Anggrek

 

  • Media tanam Anggrek bulan. Saya pakai kombinasi kayu pinus (bark) dan Sphagnum moss. Saya pakai Sphagnum moss untuk menjaga kelembapan media tanamnya, supaya saya juga tidak perlu menyiram anggrek setiap hari. Di negara 4 musim tempat saya bermukim kelembapan udaranya sangat rendah, dalam ruangan hanya sekitar 30-35%, berbeda di Indonesia dimana kelembapan udaranya tinggi, maka Sphagnum moss tidaklah diperlukan, malah perlu media tanam yang membuat anggrek tidak terlalu lembab.
  • Pot anggrek Bulan. Saya pakai pot transparan, supaya saya bisa melihat kondisi akar anggreknya, saat butuh penyiraman, namaun ada pula 2 anggrek bulan saya yang tidak menggunakan pot transparan. Anggrek butuh sirkulasi udara yang baik, oleh karena itu pot anggrek transparan ini saya beri lubang sekelilingnya.

Baca juga: Melaporkan Video Youtube Anggrekku yang di Reupload

  • Trik supaya anggrek bulan berbunga setiap tahunnya: Anggrek bulan bisa disiasati/dirangsang supaya berbunga, beda halnya dengan anggrek cattleya, si cattleya ini mau-maunya dia kapan berbunga, dan  konon katanya tidak bisa disiasati supaya cepat berbunga. Kalau trik membuat anggrek bulan berbunga, adalah taruhlah tanaman anggrek bulanmu di tempat yang suhu siang dan malam harinya berbeda. Anggrek ini suka suhu malam yang lebih sejuk, beda dengan cattleya, tuh cattleya suka suhu malam yang hangat. Setelah saya tahu trik ini, akhrinya saya menaruh anggrek-anggrek bulan saya dikamar tidur, karena kamar tidurku dingin sekali, pagi saja sejuk, apalagi malam. Jendelanya (windowshill) juga ada tatakan dari marmer, makanya cocoklah tempat ini buat anggrek bulan. Kalau di Indonesia umumnya anggrek ditanam diluar rumah, carilah lokasi yang suhu siang dan malam harinya berbeda.

Video Tips Perawatan Bunga Anggrek Phalaenopsis

Demikianlah pengalaman saya merawat anggrek bulan Phalaenopsis, semoga pengalaman saya berguna buat kamu yang tidak sengaja mampir ke blog saya ini.

Salam anggrek 😉 .

Baca juga: Tips yang Salah Memberikan Es Batu Supaya Anggrek Cepat Berbunga

One Comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close