Pohon Tin Besar Subur Berbuah Lebat di Jerman

Pohon Tin Besar Subur Berbuah Lebat di Jerman. Tin atau Ara (Ficus carica L.) adalah sejenis tumbuhan penghasil buah-buahan yang dapat dimakan yang berasal dari Asia Barat. Buahnya bernama sama. Nama “Tin” diambil dari bahasa Arab, juga dikenal dengan nama “Ara” (buah ara / pohon ara) sedangkan dalam bahasa Inggris disebut fig (common fig; “pohon ara umum“), sebenarnya masih termasuk kerabat pohon beringin dari dari genus yang sama, yaitu Ficus.

Postingan dalam bahasa Inggris: Fig Plants Tree in Germany

Cara Merawat Pohon Tin Buah Ara

  • Tanaman atau pohon Tin adalah pohon besar, dapat tumbuh hingga 10-35 meter. Dengan batang lunak berwarna abu-abu. Daunnya cukup besar dan berlekuk dalam 3 sampai 5 kuping.
  • Buahnya banyak sekali. Bunga Tin tidak nampak karena terlindung oleh dasar bunga yang menutup sehingga dikiranya buah. Seperti ini, tidak terlihat bunganya.
  • Penyerbukan dilakukan oleh sejenis tawon khusus, sama seperti serangga yang menyerbuki jenis-jenis Ficus lainnya.
  • Yang disebut buah sebetulnya adalah dasar bunga yang membentuk bulatan. Tipe ini khas untuk semua anggota suku ara-araan (Moraceae).
  • Buahnya berukuran panjang 3 hingga 5 cm, berwarna hijau. Beberapa kultivar berubah warna menjadi ungu jika masak. Nah ini getah yang dikeluarkan pohon ini dapat mengiritasi kulit.
  • Buah tin dapat dimakan segar, dikeringkan, atau dibuat selai. Buah yang dipetik harus segera dimanfaatkan karena tidak dapat disimpan lama (mudah rusak).
Penyakit pada pohon Tin buah ara
Daun pohon buah Tin yang kena penyakit

Tips Merawat Pohon Tin Buah Ara

  • Pohon Tin atau buah Ara bisa nggak ditanam di pot?. Bisa!, asal potnya besar, diameternya kira-kira 35 cm.
  • Karena pohon Tin asalnya dari Arab Saudi, disana kan tumbuh di lahan tandus yang kering banget jadi jangan sering-sering di siram. Siram kalau sudah kering, kalau musim hujan, sama sekali tidak disiram. Kalau musim panas disiram empat hari sekali, atau kadang-kadang ada yang bilang sehari sekali siramnya, asal tanahnya sudah sangat kering sekali ya.
  • Kalau mau pohon Tin kamu cepat berbuah, pilihlah jenis common fig, itu jenis yang berbuah sampai matang. Yang dicangkok, lebih mudah berbuah, ketimbang yang ditanam dari biji.
  • Tips berikutnya lagi, harus sering dipangkas. Sudah matang ini, kalau pohon pertama tadi, jarang saya lihat bekas dipangkas, yang ini banyak bekas dipangkas.

Video Pohon Tin Besar Subur Berbuah Lebat

Baca juga: Bikin Mupeng Pohon Anggur Vitis Vinifera di Garden Center

error: Content is protected !!
Read more:
Close