Pot Bunga Anggrek Cattleya dan Eksperimen yang kulakukan

Pot Bunga Anggrek Cattleya dan Eksperimen yang kulakukan. Hai sobat berkebun khususnya orchid lover, beberapa waktu ini saya melakukan eksperimen percobaan pada pot bunga anggrek. Ada pot yang saya beri lubang dan ada yang tanpa lubang. Maksud pemberian lubang pada pot anggrek adalah supaya sirkulasi udaranya baik.

Pot Bunga Anggrek Cattleya dan Eksperimen yang kulakukan

Hal ini sebelumnya sudah saya lakukan pada anggrek bulan giant saya, ada 2 pot. Setiap tahun anggrek bulan saya berbunga dengan cantiknya dan bisa sampai 3-6 bulan bertahan bunganya.

Balik ngomongin pot cattleya, untuk media tanam saya pakai Coconut Husk Chips yakni cacahan sabut kelapa karena coco hips sabut kelapa lebih bagus menyerap dan menyimpan air, ketimbang sphagnum moos dan cacahan kayu pinus yang saya gunakan selama ini.

Tonton juga Sabut Kelapa Coconut Husk Chips Sebagai Media Anggrek

Hal ini saya tahu saat mau membeli anggrek cattleya bentuk seedling, ternyata di olshpnya di jual Coconut Husk Chips ini. Saya belinya di http://www.cattleya-blue.de/en_GB .

Sebelum digunakan metan coco chips ini harus direndam air dulu karena ada kandungan garam dan Taninnya.

Tanin pada sabut kelapa adalah salah satu dari beberapa zat yang terkandung di dalam sabut kelapa. Zat tanin pada sabut kelapa dapat menghambat pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman anggrek yang ditanam disabut kelapa menjadi kerdil, bahkan mati (info dari ‎Mansur Tompo‎ di forum Sahabat Berkebun).

2 minggu setelah repotting, mulai terlihat perbedaannya, dimana pot yang diberi lubang daun cattleya tumbuh bagus (mulus), sedangkan pada cattleya yang potnya tidak diberi lubang, daun-daunnya menjadi berkerut seperti kurang air, padahal metannya basah sekali loh!.

Baca juga: Memisahkan dan Repotting Anggrek Cattleya

Saya menunggu beberapa waktu lagi, masih mikir juga apa mau diganti lagi dengan pot yang diberi lubang atau tidak. Saya mikir dulu karena saya lihat amplop cattleya mulai agak besar, artinya sudah ada bakal bunga.

Setelah sebulan sejak repotting, akhirnya saya ganti pot lagi, karena daun cattleya masih berkerut juga, daripada keburu terbuka amplop bunganya, nanti malah terganggu proses mekar bunga cattleya kan.

Video Eksperimen Pada Pot Bunga Anggrek Cattleya

 

Baca juga:  Repotting Anggrek Cattleya Interglossa Seedling

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close