Cattleya Mogok Berbunga? Intip 5 Trik Cara Membuat Cattleya Berbunga Kembali

Cattleya Mogok Berbunga? Intip 5 Trik Cara Membuat Cattleya Berbunga Kembali. Hai orchid lovers, apakah kamu punya anggrek cattleya yang 5 tahun mogok berbunga?. Atau di forum ada saya baca komen kalau anggrek cattleya dia sampai 10 tahun mogok berbunga, hanya beranak terus, kapan bunganya???.

Punya Cattleya Mogok Berbunga? Intip 5 Trik Cara Membuat Cattleya Berbunga Kembali

Berikut ini 5 Trik Membuangakan Cattleya yang mogok Berbunga bertahun-tahun dari forum merawat anggrek dan pengalaman saya sendiri:

  1. Displit/dipisahkan

kalau catty lama tidak bunga, tapi beranak terus itu namanya si cattleya minta di split, minta dipisahkan. Minta media tanam baru, lalu si Catty akan membalasnya dengan ucapan ..

**THANKS, NOW I’ll GIVE YOU BEAUTIFUL FLOWERS**

Why..? kenapa ..?

Catty yang subur, akan selalu membelah sel untuk vase generetif, yaitu menumbuhkan tunas baru, energi seluruhnya di alirkan untuk tunas baru tersebut… ketika kita split, maka energi tersebut tertahan, dan akhirnya Catty mengalihkan energinya untuk pembungaan.

Kenapa? .. karna si Catty merasa tersakiti telah di amputasi.

Baca juga: Update Membuka Amplop Anggrek Cattleya

2. Dibikin sengsara

ada 2 hal Teori dalam Anggrek…

Bila sengsara, akan menumbuhkan keiki, atau bunga bunga

Berikut pertanyaan seorang ibu di forum anggrek:

di split sudah dan ganti media sudah pula, ko tetap tidak berbunga cattleyaku?. Sudah 8 thn nih…gimana solusi nya. Saat ini sedang menyoca metode sungkup dan puasa siram selama 1 minggu.  Mohon pencerahan. Terima kasih“.

Sinar matahari yang cetar, tapi gelap yang panjang dibutuhkan. Intinya perbedaan suhu secara drastis akan memaksa catty berbunga. Itu cara alaminya…

Tutup Cattleya dengan kain hitam disungkupan dari jam 18.00 sampai jam 09.00 pagi.

Baca juga: Suka Bunga Anggrek? Ayo Mengunjungi Taman Anggrek Ragunan

 

3. Cattleya butuh sinar matahari langsung, tapi jangan panas terik siang bolong ya. Berikan sinar matahari sampai jam 11 misalnya. Tahun lalu pas Catty saya taruh luar menjelang summer, awalnya kasihan loh, sengsara gitu tanamannya.

Daunnya yang awalnya hijau segar jadi berubah agak kisut dan tidak hijau segar lagi, eh setelah lewat beberapa minggu akhirnya si catty bisa menyesuaikan diri dan daunnya kembali bagus, bonusnya bulb gendut (isinya bakal bunga).

Video 5 Trik Membungakan Cattleya yang Mogok Berbunga Bertahun-tahun

 

  1. Berikan pupuk POC

Campuran Air cucian beras dan BMBP memang bagus untuk anggrek, sudah saya buktikan sendiri. Air cucian beras dan campuran BMBP campur bersama, biarkan semalaman, keesokan harinya disaring, lalu siram ke anggrek cattleya. Siram ke media tanamnnya ya, jangan kena tunas yang baru numbuh karena akan kosong kepanasan efek dari BMBP nya.

Siram poc satu minggu 2x

Kalau tertarik juga mengenai POC bisa tonton videku ini : POC Air Leri dan BMBP Menyuburkan Anggrek Seedling

POC ramuan penyubur anggrek bisa dibuat dari kulit bawang merah bawang putih atau pakai bawangnya. Kalau pakai kulit bawang, pupuknya dosis rendah, sedangkan kalau dari bawangnya langsung dosis tinggi.

Mari bergabung di grup anggrep supaya tambah pintar merawat anggrek, silakan di Grup Berbagi Tips Perawatan Anggrek

View this post on Instagram

Akhirnya berhasil membungakan anggrek Cattleya di negara 4 musim 😀 . Terakhir berbunga hampir 4 tahun lalu saat belinya. Sejak beli salah naruh disamping anggrek bulan. Si bulan rajin tiap tahun berbunga, si catty hanya beranak pinak aja tanpa ngasih bunga!. Konon cattleya berdaun satu sangat susah dibuat berbunga, yaelah saya mana tahu pas belinya kan haha. Video 5 Trik Membungakan Cattleya yang Mogok Berbunga Bertahun tahun https://youtu.be/kjp1IdE8U6A #orchideen #orchidsofinstagram #orchid #orchidlover #orchidcollection #orchidshare #anggrek #orchidaceae #cattleyaorchid #anggrekcattleya #homegrownorchids #floweringermany #pecintaanggrek #pecintaanggrekindonesia #koleksianggrekku #pflanzenliebe #plantlovers #blumen #blühpflanzen #blumenmachenglücklich #frühlingsgefühle

A post shared by Nella Silaen (@emaknyabenjamin) on

5. Sirkulasi Udara yang cukup

Cattleya suka tempat berangin, berikan bolongan pada pot cattleyamu dan tempatkan di lokasi yang banyak anginnya.

 

Demikianlah pengalaman saya mengenai 5 Trik Cara Membuat Cattleya Berbunga Kembali, semoga kamu yang punya anggrek catty bisa mendapat pencerahan ya.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini 🙂 .

Oh iya jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Baca juga: Daun Anggrek Menguning Inilah 4 Penyebabnya

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close