Repotting Anggrek Cattleya Interglossa Seedling

Repotting Anggrek Cattleya Interglossa Seedling. Hai sobat berkebun dan orchids lover, pada postingan ini saya cerita (lebih banyak di video) mengenai menanam mengganti media tanam anggrek seedling Cattleya Interglossa..

Repotting Anggrek Cattleya Interglossa Seedling

Saya membeli anggrek seedling dari olshop www.cattleya-blue.de . Ini adalah orderan pertama saya di shop tersebut, dan saya puas dengan kualitasnya.

Paket pesanan saya datang 3 hari setelah pemesanan. Sesuai nama shopnya maka di tempat tersebut hanya menjual anggrek cattleya saja dan alat-alat untuk menunjang perawatan bunga anggrek, seperti media untuk menyemai bibit anggrek, media tanam anggrek, pupuk dan termasuk tentunya aneka seedling cattleya dijual di olshop tersebut.

Ada 2 baby cattleya yang saya beli, yakni Cattleya Interglossa dan Cattleya Dowiana aurea purple. Cattleya Interglossa dikemas dalam wadah gelas plastik tertutup, sedangkan Cattleya Dowiana sudah pakai pot saya terimanya.

Pada kali ini mau ngomongin Cattleya Interglossa dulu ya, supaya sesuai dengan judulnya 🙂 .

Baca juga: Unboxing dari Cattleya Blue – Bibit Anggrek, Pupuk NPK dan Metan Seedling

Cattleya interglossa neu (seedling). Harga 7 Euro (Rp. 112.000) isi 3-4 seedling. Dikemas dalam wadah gelas plastik tertutup (steril). Untung belum dibuka loh, waktu saya terima paketnya, awalnya saya mau videoin dalamnya, eh pas baca selebaran dalam paketnya, kalau dibuka tutupnya kemungkinan bisa terkena bakteri dari udara, jadi harus segera di tanam di pot.

Potnya saya taruh di windowsil kamar mandi. Ruangan ini lembab dan sesuailah dengan anggrek yang suka lembab kan, nah cuma kalau siang cahaya matahari ya tembus lewat kaca jendela, jadi kemungkinan besar terkena pantulannya ke pot seedlingnya. Kan potnya tertutup rapat, lalu jadi banyak embun, dan 26 Juni saya lihat ko mulai ada lapisan putih hiks berarti sudah tidak steril dalamnya.

Baca juga: Memisahkan dan Repotting Anggrek Cattleya

Saya belum punya waktu untuk repotting, sampai 2 hari kemudian akhirnya memaksakan diri untuk buka wadahnya dan harus segera ditanam seedling cattleyanya, karena lapisan putihnya semakin banyak, dan pas saya buka solasi tutupnya, ada pula lapisan hitam mulai jamur.

Video Repotting Baby Cattleya Interglossa

 

Saya keluarin seedlingnya dan saya cuci bersih. Dapat 4 seedling dan yang 2 lumayan besar untuk ukuran baby cattleya. Pada wadah gelas/pot plastik tersebut  ditulis 2 Mei 2018, jadi sudah tertutup rapat wadahnya sejak tanggal tersebut, kemudian saya terima bibit anggreknya pada 15 Juni 2018. Jadi selama 1,5 bulan baik-baik saja seedlingnya di wadah tertutup.

Baby Cattleya Interglossa neu
Baby Cattleya Interglossa setelah dikeluarkan dari wadah pot tertutup dan dicuci bersih

Memang pasti beda ya kondisi laboratorium olshopnya sama rumah saya, berbeda suhu ruang dan kelembapannya, dan pastinya di lab tidak kena pantulan cahaya matahari kan.

Untuk media tanam saya beli di olshop yang sama seperti bibitnya yakni di cattleya-blue.de . Saya akhirnya tahu kalau untuk merawat anggrek seedling bagusnya pakai cacahan sabut kelapa (Coconut Husk Chips/ coco chpis) karena sabut kelapa lebih bagus menyerap dan menyimpan air, ketimbang sphagnum moos dan cacahan kayu pinus yang saya guanakan selama ini.

Sebelum digunakan metan coco chips ini harus direndam air dulu karena ada kandungan garam dan Taninnya.

Video Sabut Kelapa Coconut Husk Chips Sebagai Media Anggrek 

 

Tanin pada sabut kelapa adalah salah satu dari beberapa zat yang terkandung di dalam sabut kelapa. Zat tanin pada sabut kelapa dapat menghambat pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman anggrek yang ditanam disabut kelapa menjadi kerdil, bahkan mati.

 

Tonton juga Video Pupuk Anggrek Seedling dan Metan – Unboxing dari Cattleya Blue

error: Content is protected !!
Read more:
Close