Repotting Giant Phalaenopsis Mengatasi Daun anggrek Bulan yang Layu dan Lemas

Repotting Giant Phalaenopsis Mengatasi Daun anggrek Bulan yang Layu dan Lemas. Hai sobat berkebun, khususnya pecinta anggrek, selamat datang di blogku kebun emaknya Benjamin, saya mau cerita mengenai giant phalaenopsis, anggrek bulan saya ini besar sekali daunnya. Setiap tahun anggrek bulanku ini rajin berbunga.

Repotting Giant Phalaenopsis Mengatasi Daun anggrek Bulan yang Layu dan Lemas

Nasibnya lagi menyedihkan, jadi ceritanya saya pergi 3 bulan liburan ke Indonesia bersama kedua anakku, jadi urusan menyiram anggrek tentu saja kuserahkan pada bapaknya anak-anak.

Saya pergi berlibur saat winter (bulan Januari), jadi anggrek tidak terlalu perlu sering disiram. Saya katakan ke pak suami untuk menyiram anggreknya setiap 2 minggu sekali. Biasanya kalau saya menyiram/memberikan air buat anggrek-anggrekku adalah dengan merendam potnya dalam air selama 10-15 menitan, kalau summer bisa sampai 20-30 menitan.

Supaya tidak ribet pikirku, jadi saya katakan ke bapaknya anak-anak siram pakai air keran dari shower saja. Air tentu saja langsung keluar dari potnya, kalau yang saya lakukan dengan merendam, membuat media tanam menyerap dan menyimpan air lebih banyak, jadi bisa tahan sampai 2 minggu kedepan penyiraman berikutnya.

Baca juga: Fungisida dari Baking Soda Mengatasi Akar Anggrek Bulan yang Bermasalah

Saya kembali ke Jerman pada awal April (8 April 2019), kaget lihat semua anggrekku pada dehidrasi parah!. Kedua giant phalaenopsis ku jadi sangat tipis daunnya, anggrek bulan ini daunnya lemas dan layu yang menandakan kekurangan air. Sebelum pergi berlibur daun giant phalaenopsis sangat tebal, saya suka lihat daunnya yang besar dan mengkilat.

Cuaca sih belum terlalu hangat pada April, namun kalau saya dirumah bakalan menyiram anggreknya bukan 2 minggu sekali, melainkan seminggu sekali atau 10 hari sekali, karena cuaca bukan winter lagi. Menyiram anggrek jadi seminggu sekali bisa dimulai saat awal musim semi, mulai bulan Maret.

Sehari setelah sampai Jerman, saya rendam semua koleksi anggrekku, ada anggrek-anggrek ukuran kecil sampai sedang yang pada akhirnya mati, padahal saya sudah rawat sejak masih seedling, saya rawat selama 3 tahunan, hiks sedih deh.

Baca juga: Suka Bunga Anggrek? Ayo Mengunjungi Taman Anggrek Ragunan

giant phalaenopsis ku yang bunganya pink pada akhirnya pulih, daunnya mulai tebal kembali. Media tanam anggrek bulan bunganya pink ini adalah coconut husk chip alias cacahan sabut kelapa, sedangkan giant phalaenopsis yang parah banget dehidrasinya metannya bark, media tanam khusus anggrek bulan. Sebelum pergi berlibur saya sudah repotting kedua giant phalaenopsis.

Kalau dehidrasi anggrek bulannya tidak terlalu parah, mengatasi daun anggrek bulan layu begini bisa taruh potnya di kamar mandi selama beberapa hari, kalau daunnya sudah segar kembali, lalu tempat sebelumnya.

Video Anggrek Bulan 2 Bulan Tidak Pulih Dehidrasinya Terpaksa Operasi Repotting Giant Phalaenopsis

2 bulan berlalu, tidak ada perubahan pada giant phalaenopsis yang bunganya putih kekuningan, padahal bunganya lagi banyak banget. Galau hatiku antara mau gunting/buang semua spikenya lalu repotting atau biarkan sampai semua bunga selesai dulu berbunganya.

Kupikir lagi dan lagi, kalau nunggu sampai masa berbunga selesai, kaishan tanamannya makin sengsara, karena butuh nutris banyak untuk mempertahankan bunganya. Feelingku akarnya banyak yang busuk, akar tidak bisa menyerap air dengan sempurna, makanya daunnya masih tetap tipis.

Akhirnya kuputuskan membuang/potong semua tangkai bunganya, dan segera repotting, toh kalau tanamannya sudah sehat kembali, nantinya akan berbunga kembali, daripada didiamkan makin lama mungkin anggrek bulannya tidak bisa bertahan.

Sebenarnya mau pakai metode wco belgium water culture orchid, pakai media air untuk memulihkan akar anggrek bulannya, namun tidak bisa kulakukan pada anggrek bulan ini, karena akarnya agak diatas, kalau saya taruh air, maka batang bagian bawah dan ada bekas potongan bagian daunnya, kalau kena air, malah akan membuat busuk tanamannya.

Saya taruh anggreknya di pot transparan yang ukurannya jauh lebih kecil dari pot sebelumnya, hal ini saya lakukan supaya tidak boros media tanam, lagipula akarnya tidak sampai 5 akar, 2 minggu setelah repotting ada numbuh sedikitnya 2 akar baru, senangnya hatiku 🙂 . Saya akan update lagi keadaan anggrek bulanku ini, setelah beberapa bulan kedepan yaa.

Demikianlah pengalaman saya mengenai Repotting Giant Phalaenopsis Mengatasi Daun anggrek Bulan yang Layu dan Lemas, semoga kamu yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya ini yang punya masalah serupa pada anggrek bulan  juga mendapat pencerahan yaa.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

 

Baca juga: Daun Anggrek Menguning Inilah 4 Penyebabnya

 

 

error: Content is protected !!
Read more:
Close