Repotting Media Anggrek Seedling

Repotting Media Anggrek Seedling. Hai sobat berkebun dan orchids lover, pada postingan ini saya cerita (lebih banyak di video) mengenai mengganti media tanam aneka anggrek seedling saya.

Repotting Media Anggrek Seedling

Saya akhirnya tahu kalau untuk merawat anggrek seedling bagusnya pakai cacahan sabut kelapa (Coconut Husk Chips/ coco chips) karena sabut kelapa lebih bagus menyerap dan menyimpan air, ketimbang sphagnum moos dan cacahan kayu pinus yang saya gunakan selama ini.

Hal ini saya tahu saat mau membeli anggrek cattleya bentuk seedling, ternyata di olshpnya di jual Coconut Husk Chips ini. Saya belinya di www.cattleya-blue.de .

Sebelum digunakan metan coco cjips ini harus direndam air dulu karena ada kandungan garam dan Taninnya.

Video Sabut Kelapa Coconut Husk Chips Sebagai Media Anggrek 

 

Tanin pada sabut kelapa adalah salah satu dari beberapa zat yang terkandung di dalam sabut kelapa. Zat tanin pada sabut kelapa dapat menghambat pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman anggrek yang ditanam disabut kelapa menjadi kerdil, bahkan mati. (Hal ini saya ketahui dari foum beljar merawat anggrek).

Aneka anggrek seedling saya beli April 2015. Beli di www.roellke-orchideen.de/ . Bangga pada diriku, ternyata sudah 3 tahun berhasil merawat baby orchids, soalnya yaa, dulu banget merawat anggrek-anggrek dewasa saja pada mati melulu, apalagi baby orchids, nih ibarat merawat bayi haha.

Pada video nama-nama anggrek seedlingnya berikut ini:

Cattleya intermedia.
Phalaenopsis celebensis.
Paphiopedilum Wardii Var Alba.
Paphiopedilum spicerianum.

 

Video Repotting Mengganti Media Anggrek Seedling

 

Baca juga: Perawatan Bunga Anggrek Phalaenopsis Supaya Rajin Berbunga

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close