Repotting Orchid Variegated Leave | Anggrek Phalaenopsis Berdaun Corak

Repotting Orchid Variegated Leave | Anggrek Phalaenopsis Berdaun Corak. Hai orchids lover, kembali lagi dengan share pengalaman saya saat mengganti media tanam anggrek bulan. Anggrek bulan berdaun corak saya beli pada bulan Oktober 2018 dari nursery anggrek online Schwerter. Harganya 14,95 € kalau dirupiahkan Rp.239.200.

Repotting Orchid Variegated Leave | Anggrek Phalaenopsis Berdaun Corak

Anggrek bulan ini namanya Dtps. Sogo Vivien ‘F858’ – Variegated Leave. Di olshopnya ada jenis yang lain, lebih mahal 5 euro, saya pikir beda diukurannya saja, yang saya beli ini ukurannya tidak besar, namun kalau dibandingkan kedua nggrek bulan saya dirumah, yang giant wah si anggrek berdaun corak ini jadi keliahatan imut hehe.

Anggrek bulan Variegated Leave yang saya beli ini jenis yang dewasa, karena pas saya repotting saya lihat sepertinya muncul bakal spike. Saya suka belanja di Schwerter Orchid, tidak lama setelah saya terima anggrek-anggreknya berbunga.

Kalau membeli anggrek secara online, saya memang lebih suka yang sedang tidak dalam keadaan berbunga, karena resiko spike/batang anggreknya akan patah atau rusak selama perjalanan. Di websitenya memang selalu ditulis anggrek sedang berbunga atau tidak. Kalau ditulis masa berbunganya lewat dari setahunan, nah sudah bisa dipastikan berupa seedling deh.

Anggrek Dtps. Sogo Vivien ‘F858’ Variegated Leave ini datang dalam media sphagnum moss seluruhnya. Memang media sphagnum moss ini bisa mempertahankan kadar air lebih lama dibanding media lain seperti pakis misalnya, namun sepengetahuan saya anggrek bulan tidak suka media yang terlalu basah, makanya saya memutuskan beberapa waktu kemudian saya ganti media tanamnya dengan media tanam anggrek bulan.

Tonton juga: Playlist Video Merawat Anggrek Bulan Phalaenopsis

Medianya saya beli juga di nursery anggrek yang saya beli anggrek bulannya. Schwerter orchid sudah 30 tahun bergelut di bidang anggrek, mereka meracik sendiri media tanam anggrek, nah yang membuat bangga adalah, kayu pakisnya asal Indonesia loh!.

Kalau lihat gambar di websitenya, warna bunga anggrek berdaun corak ini adalah pink. Sebenarnya saya tidak menuntut atau suka warna bunganya, yang saya sukai adalah warna atau corak daunnya yang unik. Kalau selama ini kita melihat anggrek bulan polos ya daunnya hijau, nah yang variegated Leave ini daunnya bercorak.

Dari website anggreknya ditulis kalau Dtps. Sogo Vivien ‘F858’ Variegated Leave ini aslinya dari hutan tropis yang lembab di India, Indonesia dan Filipina. Kalau kamu pecinta anggrek bulan, sebaiknya tidak melewatkan tambah koleksimu dengan anggrek unik ini deh. Selain karena daunya anggreknya yang unik, alasan kedua saya membelinya karena saya memang ingin mempunyai koleksi anggrek asal Indonesia, rasanya bangga tinggal di luar negeri bisa punya dan merawat anggrek asli negeri sendiri 😉 .

anggrek bulan berdaun corak
anggrek bulan berdaun corak setelah dilepas medianya berupa spagnum moss

Pot transparan saya gunakan untuk anggrek bulan berdaun corak ini, sama seperti anggrek bulan saya lainnya juga pakai pot transparan. Dengan pakai pot transparan saya bisa melihat warna akar anggrek bulannya. Anggrek bulan suka disiram diberikan air kalau medianya sudah kering, tandanya anggrek bulan yang butuh air adalah kalau warna akarnya sudah abu-abu, kalau masih hijau berarti anggreknya belum butuh air.

Nah ini yang sering salah dilakukan pecinta anggrek bulan, mereka menyiram saat media tanamnya belum kering, padahal anggrek bulan tidak suka media yang terlalu lembab. Siramlah anggrek bulan saat medianya sudah kering, saat akarnya sudah menjadi abu-abu.

Ada yang bilang anggrek bulan adalah anggrek manja, asal kita tahu kesukaannya maka anggrek phalaenopsis ini akan berbakti setiap tahun loh, yakni dengan mengeluarkan bunganya yang cantik.

Dtps. sogo vivien F858 variegated leave
Dtps. sogo vivien F858 variegated leave sehari setelah diganti media tanam

Unboxingnya bisa dilihat di (klik) Anggrek dari Schwerter Orchid 

Video Repotting Anggrek Bulan Berdaun Corak |Dtps. Sogo Vivien F858 Variegated Leave

Video dibuat pada 17 Oktober 2018

Baca juga: Perawatan Bunga Anggrek Phalaenopsis Supaya Rajin Berbunga

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close