Repotting Seedling Anggrek Catasetum

Repotting Seedling Anggrek Catasetum. Hai pecinta anggrek, apakah kalian punya anggrek Catasetum juga sebagai salah satu koleksi anggrekmu?. Akhirnya saya beranikan diri mencoba menambah koleksi anggrek saya, dan ingin belajar mengenal anggrek asal Brasil jenis Catasetum.

Repotting Seedling Anggrek Catasetum

Saya membeli dua anggrek Catasetum, keduanya adanya bentuk seedling, ada satu jenis lain Catasetum dewasa, harganya tidak coock di kantong saya hehe. Inilah 2 anggrek Catasetum yang saya beli:

  • Anggrek Monnierara Millennium Magic Witchcraft AM/AOS. Anggrek Catasetum ini bentuk seedling dalam 2 tahun akan berbunga. Beli akhir Agustus 2019 harga 9,95 euro Rp. 160.000. Ukurannya jauh lebih kecil dibanding tenebrosum, namun harganya lebih mahal. Sepertinya Catasetum Monnierara Millennium ini lebih terkenal karena warna bunga anggrek ini juga eksotis warna hitam.
  • Anggrek Catasetum tenebrosum 7,95 € (Rp.127.200). Anggrek catasetum bentuk seedling, dalam 2 tahun akan berbunga.

Warna bunga Catasetum tenebrosum : coklat gelap. Asal Ekuador hinga Peru.

Kalau kalian heran kenapa anggrek Catasetum yang saya beli harganya sangat murah, fyi saya tinggal di Jerman, dan harga Catasetum memang tidak semahal di Indonesia.

Anggrek catasetum bagus ditanam di pot tanah liat/terakota karena anggrek jenis catasetum ini butuh air banyak sekali saat pertumbuhan dimulai, pertumbuhan akar dimulai saat terlihat numbuh tunas kecil. Pot tanah lihat bagus menjaga kelembapan anggrek.

Baca juga: Daun Anggrek Menguning Inilah 4 Penyebabnya

Catasetum, disingkat Ctsm. dalam perdagangan hortikultura, adalah genus anggrek epifit, keluarga Orchidaceae, subfamili Epidendroideae, suku Cymbidieae, subtribe Catasetinae, dengan 166 spesies, banyak di antaranya sangat dihargai dalam hortikultura.

Spesies dari genus Catasetum dijumpai dari Meksiko ke Argentina, termasuk sebagian besar Amerika Tengah, Hindia Barat, dan Amerika Selatan. Jumlah spesies terbesar di Brasil.

Tumbuhan epifit adalah tumbuhan yang tumbuh dengan cara menumpang pada tumbuhan lain sebagai tempat hidupnya. Namanya dibentuk dari bahasa Yunani: epi-, permukaan atau tutup, dan phyton, tumbuhan atau pohon.

Berbeda dengan parasit, epifit dapat sepenuhnya mandiri, lepas dari tanah sebagai penyangga dan penyedia hara bagi kehidupannya, maupun dari hara yang disediakan tumbuhan lain. Air diperoleh dari hujan, embun, atau uap air. Hara mineral diperoleh dari debu atau hasil dekomposisi batang serta sisa-sisa bagian tumbuhan lain yang terurai. Meskipun tidak “mencuri” hara dari tumbuhan yang ditumpanginya, epifit dapat menjadi pesaing terhadap ketersediaan cahaya. Akar epifit kadang-kadang juga menutupi dan menembus batang pohon yang ditumpangi sehingga merusak keseimbangan fisiologi tumbuhan inangnya.

Video Mengganti Media Tanam Anggrek Catasetum Bentuk Seedling

 

Kapan Saat Mengganti media tanam anggrek Catasetum:

  • Saat tepat mengganti media/repotting Catasetum tunggu sampai anggreknya memasuki masa dormansi. Pertama, daunnya menguning dan rontok, lalu lakukan penggantian media.
  • Periksa catasetum selama masa dorman November – Maret (untuk yang tinggal di negara 4 musim seperti saya). Masa musim gugur hingga winter anggrek catasetum masuk masa dorman, numbuh kembali saat musim semi (Maret). Saat masa dorman inilah kita bisa ganti medianya atau kalau mau dipisahkan bulbnya.
  • Bisa juga kita tunggu mengganti media catasetum hingga terlihat pertumbuhan tunas baru. Jangan menunggu lebih lama lagi, untuk mengganti medianya karena setelah numbuh tunas baru, siklus pertumbuhan Catasetum akan dimulai, Pertumbuhan baru dalam sebulan atau lebih setelah diganti media tanamnya.
  • Kita bisa juga memisahkan catasetum per bulb atau 2 bulb per pot dan tanam sekitar dua inci kedalamannya. JANGAN telat melakukan proses repotting mengganti media catasetum, saat masa dorman atau ketika terlihat tunas baru yaa.
  • Gunakan campuran media kering saja dan jangan disiram air setelah repotting. Kalau catasetum disiram saat masa dorman maka tunas baru akan busuk. Setelah anggrek Catasetum tumbuh tunas baru, semprot halus sedikit, pakai perasaan hehe, untuk menjaga supaya bulbs tidak keriput. Semprot halus pupuk pada bagian atas media, dan basahi/siram media sphagnum mossnya hanya sedikit saja! Untuk membasahi sphagnum moss bagian atas saja supaya pupuk terserap.
  • Penyiraman lebih banyak dilakukan saat bulb baru sudah numbuh daunnya sekitar 5-7 cm, maka inilah saat tepat menyiram menyeluruh anggrek catasetum.

Demikianlah pengalaman saya Repotting Seedling Anggrek Catasetum. Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini 🙂 .

Oh iya jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Baca juga: Suka Bunga Anggrek? Ayo Mengunjungi Taman Anggrek Ragunan

Sumber:

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close