Tanaman Hias Pada Windowsill Jendela Rumahku

Tanaman Hias Pada Windowsill Jendela Rumahku. Hai sobat berkebun, saya suka tanaman hias dan menaruhnya di jendela rumah. Di Jerman model jendelanya berbeda dengan di Indonesia. Di Jerman sini jendela bisa dibuka 2 arah, ada dibuka sedikit dan dibuka penuh kedalam atau keluar ruangan.

Tanaman Hias Pada Windowsill Jendela Rumahku

Dibagian depan jendelanya ada tatakannya dinamakan fensterbank. Tatakannya ini umumnya terbuat dari marmer. Diluar rumah, depan jendelannya juga ada tatakannya, jadi saya bisa naruh tanaman yang potnya tidak terllau besar.

Baca juga: Ladang Bunga di Jerman, Unik Tanpa Penjaga

Karena tatakannya terbuat dari marmer jadinya dingin sekali, kalau summer ya tidak masalah, malah tanamannya adem ya hehe. Saat musim dingin, saya taruh alasnya berupa karton tebal atau alas karet supaya tidak terlalu dingin ke tanaman diatasnya.

Di ruang tamu ada anggrek Cattleya. Ruang tamuku sangat hangat, cocok untuk anggrek Cattleya. Di ruangan ini ada beberapa tanaman hias lainnya di pojokan ruang. Saya berikan pagar ke pojokannya, supaya anak-anak tidak iseng mau pegang tanaman-tanamannya. Di ruang tamu ini ada aloe vera, spider lily, zamio palme, tanaman besar hijau entah apa namanya, seperti pohon palem. Tuh pemberian mak mertua saat beliau mau pindah rumah, malah dikasih ke saya. BBeberapa tanaman bunga amaryllis akan saya taruh luar kalau cuaca sudah hangat misal menjelang musim panas.

Di kamar tidur ada 3 pot anggrek bulan (Phalaenopsis), jenis anggrek ini saya taruh kamar tidur, karena anggrek ini suka suhu siang dan malam yang berbeda. Kalau malam dia suka yang lebih sejuk, hal ini merupakan salah satu trik untuk merangsang anggrek bulan berbunga loh.

Di jendela dapur ada 2 jenis tanaman adenium (obesum dan arabicum) dan ada tanaman pohon uang crassula, atau disebut juga Jade plants.

Di kamar mandi ada banyak anggrek haha 😆 . Saya taruh disini terutama yang anggrek kecil (yougplantss) dan anggrek sepatu wanita (paphiopedilum), karena anggrek ini suka tempat sejuk dan lembab.

Selain tanaman hias yang menghiasi jendela windowsill, saya taruh juga dekorasi kecil sebagai pemanis ruang, seperti patung-patung kecil. Saya mengubah posisi atau suasana ruang sedikitnya 2 kali dalam setahun, kalau lagi rajin bsia sampai 3 kali dalam setahun saya ubah/ganti posisi tanaman-tanaman dan dekorasinya. Kalau rumah enak dipandang mata, membuat hati selalu bahagia, megurangi marah-marah ke anak-anak saat mereka membuat saya kesal haha.

Video Jendela Rumahku dan Tanaman Hiasnya

 

Baca juga: Bunga Warna Hijau yang Unik Jarang Ada

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close