Trik Menanam Tulip di Negara Tropis Seperti Indonesia

Trik Menanam Tulip di Negara Tropis Seperti Indonesia. Hai sobat berkebun selamat datang di blog kebun emaknya Benjamin. SUKA BUNGA TULIP? Penasaran dengan bunga musim semi yang unik ini?, mau menanam Bibitnya di Indonesia? Simak Triknya di postingan ku supaya sukses sampai berbunga tulipnya πŸ™‚ .

Trik Menanam Tulip di Negara Tropis Seperti Indonesia

Tulip (bahasa Latin: Tulipa) merupakan nama genus untuk 100 spesies tumbuhan berbunga yang termasuk ke dalam keluarga Liliaceae. Tulip berasal dari Asia Tengah, tumbuh liar di kawasan pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu Kush dan stepa di Kazakhstan. Negeri Belanda terkenal sebagai negeri bunga tulip. Tulip juga merupakan bunga nasional Iran dan Turki.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Pembersih Udara Dalam Ruangan

Tulip dapat ditanam dengan dua cara, menggunakan umbi atau biji. Tulip yang ditanam dari umbi membutuhkan waktu setahun untuk dapat menghasilkan bunga yang cukup besarnya, sedangkan tulip yang ditanam dari biji membutuhkan waktu antara 5-7 tahun agar dapat berbunga.

Video Cara Menanam Bunga Tulip di Indonesia

 

  • Perlu diperhatikan kalau mau membeli bibit bunga tulip adalah beli bibit yang bentuk umbi (seperti bawang merah). Perhatikan keterangan bibit tulipnya, apakah ditulis jual bibit tulip bentuk umbi atau ditulis jual benih/seed/biji bunga tulip.
  • Sebaiknya beli bibit tulip bentuk umbi supaya bisa berbunga, kalau bentuk seed atau benih butuh 5-7 tahun untuk muncul bunga pertamanya.
  • kalau kamu tinggal di negara tropis mau menanam bibit bunga musim semi, maka bibit/umbinya harus di cold treatment dulu ya, yakni disimpan umbinya dikulkas selama 3-4 bulan. Hal ini supaya sama perlakuannya seperti di negara 4 musim. Setelah lewat masa cold treatment baru ditanam.
  • Menyimpan bibit-bibit tulipnya di lemari pendingin jangan dicampur dengan buah-buahan, terutama apel. Buah-buahan yang telah matang akan mengeluarkan gas etilen yang akan membunuh / merusak bunga dalam bulb.
  • Media tanam tulip gunakan media yang porous tidak menyimpan banyak air, gunakan juga campuran pasir.
  • Hati-hati untuk penyiraman tulip karena kalau kelebihan air bisa busuk umbinya. Untuk di negara tropis seperti Indonesia, setelah bibit umbi bunga tulip ditanam, siramnya 3-4 hari sekali. Siram dari tepi pot tulipnya.
  • Kalau bibit umbi tulip busuk, sebelum dibuang, buka dulu umbinya, karena dibagian dalam seringkali numbuh anakan tulipnya. Kita bisa tanam dan rawat anakan tulipnya, kalau sudah ukuran dewasa, nantinya anakan tulip ini akan bisa berbunga.
  • Kalau bibit umbi tulip sudah numbuh semakin besar, daunnya sudah terbuka, tarulah ditempat teduh. Karena di negara 4 musim tulip mekar di suhu10-15 derajat C.
  • Kalau sudah terlihat bakal bunganya muncul, malah bagus kalau bisa ditaruh diruang ber ac dan terang, supaya awet bunganya, kalau suhu terlalu hangat, bunganya cepat sekali layunya..
  • Bunga yang telah selesai mekar harus dipotong untuk mendapatkan umbi.
  • Pemupukan bunga tulip dilakukan saat bunganya selesai mekar. Saat tulip berbunga, umbinya akan mengecil karena mengeluarkan banyak energi untuk proses berbunganya. Tulip perlu dipupuk supaya umbinya kembali besar dan punya cukup nutrisi untuk membuatnya berbunga kembali tahun berikutnya.

 

Kumpulan Video Bunga Tulip πŸ‘‰ http://bit.ly/2zJDB2l

β˜…β˜†β˜… Informasi detail πŸ‘‰ Cara Menanam Tulip di iklim Tropis JakartaΒ 

β˜…β˜†β˜… Postingan saya lainnya mengenai bunga tulip https://wp.me/P82pvP-5PL

β˜…β˜†β˜… Artikel lain mengenai menanam tulip di Indonesia:

 

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta berkebun lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih πŸ™‚ .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

 

Baca juga: Bunga Warna Hijau yang Unik Jarang Ada

One Comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close