Uniknya Bunga Sakura yang Ternyata Bisa di Makan

Uniknya Bunga Sakura yang Ternyata Bisa di Makan. Hai sobat berkebun, cherry blossoms di kota tempat tinggal saya di Jerman sedang bermekaran dengan cantiknya 🙂 . Di jalanan menuju TK anakku bersekolah ada 2 pohon bunga sakura, di dekat stasiun kereta ada juga pohon bunga sakura, sayangnya bunganya masih sedikit, sepertinya akhir tahun lalu dipangkas drastis, mungkin karena tahun-tahun sebelumnya tidak menghasilkan bunga yang lebat, jadi memang perlu dipangkas dulu.

Uniknya Bunga Sakura yang Ternyata Bisa di Makan

Sakura (桜, 櫻?) bersama dengan bunga seruni, merupakan bunga nasional Jepang yang mekar pada musim semi, yaitu sekitar akhir Maret hingga akhir Juni.

Asal-usul kata “sakura” adalah kata “saku” (bahasa Jepang untuk “mekar“) ditambah akhiran yang menyatakan bentuk jamak “ra“. Dalam bahasa Inggris bunga sakura disebut cherry blossoms.

Apakah bunga sakura sama dengan bunga pohon cherry? Jawabannya Iyaa. Bedanya kalau yang hanya pohon hias saja tidak menghasilkan buah.

Banyak varietas pohon cherry yang telah dibudidayakan digunakan sebagai tanaman hias jadi tidak menghasilkan buah. Itulah yang sering kita lihat di taman atau tepi jalan. Pohon-pohon cherry tersebut hanya berbunga dan tidak berbuah. Cherry yang dimakan umumnya berasal dari kultivar dari spesies Prunus avium dan Prunus cerasus.

Adakah yang pernah mencicipi bunga sakura?

Daun dan bunga sakura yang sudah direndam di dalam air garam (shiozuke) dimanfaatkan untuk bahan makanan karena wanginya yang harum. Sakura mochi adalah kue mochi yang dibungkus daun sakura.

Bunga Sakura bisa dimakan. Bunga ini dimanfaatkan untuk bahan makanan karena wanginya yang harum

Ada juga es krim dan kue kering rasa bunga sakura. Teh bunga sakura umumnya diminum pada kesempatan istimewa seperti pesta pernikahan. Ranting dan kuncup bunga sakura juga digunakan sebagai bahan pewarna alami (sumber wikipedia).

Wah saya jadi ingin mencicipi sendiri bagaimana rasa bunga sakura. Seandainya bunganya ada yang bisa saya raih dari pohonnya, saya mau coba buat es krim atau campuran pada kue kering 😉 .

Video Aduhai Cantiknya Bunga Sakura Cherry Blossoms Menawan Hati

 

Baca juga: Cantiknya Bunga Sakura Pohon Buah Cherry Tetanggaku

 

Sumber bacaan: wikipedia.org/wiki/Sakura

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close