Update Anggrek Bulan Pakai Sabut Kelapa Coco Chips Sebagai Media Tanam

Update Anggrek Bulan Pakai Sabut Kelapa Coco Chips Sebagai Media Tanam. Hai sobat berkebun, khususnya orchid lovers, saya ingin update keadaan anggrek bulan yang menggunakan media tanam cacahan sabut kelapa (Coconut Husk Chips). Sebelumnya saya pakai media tanam khusus anggrek bulan yang saya beli online yakni cacahan kayu pinus dan saya campur dengan sphagnum moos.

Update Anggrek Bulan Pakai Sabut Kelapa Coco Chips Sebagai Media Tanam

Saya menocba pakai Coconut Husk Chips karena sabut kelapa lebih bagus menyerap dan menyimpan air, ketimbang sphagnum moos dan cacahan kayu pinus yang saya gunakan selama ini.

Hal ini saya tahu saat mau membeli anggrek cattleya bentuk seedling, ternyata di olshpnya di jual Coconut Husk Chips ini. Saya beli metan anggreknya di www.cattleya-blue.de .

Sebelum digunakan metan coco chips ini harus direndam air dulu karena ada kandungan garam dan Taninnya.

Tanin pada sabut kelapa adalah salah satu dari beberapa zat yang terkandung di dalam sabut kelapa. Zat tanin pada sabut kelapa dapat menghambat pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman anggrek yang ditanam disabut kelapa menjadi kerdil, bahkan mati.

Baca juga: Mengganti Media Tanam Anggrek Bulan Phalaenopsis

Setelah 2 minggu saya agak kuatir, karena belum ada akar baru yang numbuh. Saat repotting banyak akar yang saya potong, karena sudah jelek, kopong dan membusuk, jadinya akar tersisa hanya sedikit. Metan saya isi separuh pot, lalu saya taruh tanaman anggreknya. Ditanamanya jangan terlalu dalam ya, supaya ada ruang baru untuk akar-akar anggrek yang baru numbuh nantinya, selain itu kalau terlalu dalam ditanam, kuatir daunnya pas kena metan, kalau menyiram, kuatir kena air, bisa busuk kann.

Untuk mempercepat numbuhnya akar baru, saya pakai ramuan ajaib yang saya tahu dari foum. Sebenarnya ramuan ini sudah beberapa bulan terakhir saya pakai sebagi pupuk oragnik untuk anggrek-anggrek saya.

Video Update Keadaan Anggrek Bulan Pakai Sabut Kelapa Coconut Husk Chips Sebagai Media Tanam

Mau tahu bagaimana cara saya untuk mempercepat numbuh akar anggrek?

Seminggu satu sampai dua kali saya siram air cucian beras yang dicampur bawang merah, bawang putih (BMBP). BMBP nya dihancurkan lalu campurkan ke air cucian beras. Biarkan semalaman, keesokan harinya saring dan disiramkan ke media tanam anggreknya.

Takaran yang saya pakai, 1 siung bawang merah, 1 siung bawang putih untuk 1 L air cucian beras, kalau terkumpul 5 L air cucian beras saya pakai 3 atau 4 bawang merah dan putihnya, kenapa saya kurangi? Supaya tidak terlalu tinggi dosisnya.

Oh ya kalau mau disaring, saya kocok dulu cairannya, setelah mau disiramkan ke anggrek, tidak saya kocok lagi cairannya, karena bahan yang mengendap dibawah botol, kalau terkumpul/tertahan di metan atau kena adaun anggrek akan membuat bercak putih.

Kalau ada tunas anggrek baru numbuh, jangn kena, jangan disiramkan ke mata tunas anggrek, karena cairan bawang ini panas sifatnya.

Untuk penyiraman anggrek bulan dengan melihat akarnya (saya pakai pt transparan), kalau akar masih hijau berarti anggrek belum butuh air, kalau sudah abu-abu berarti anggrek bulannya butuh air. Nih anggrek bulan tidak suka lingkungan terlalu basah, makanya suka disiram kalau sudah kering.

Saya kan pakai media tanam baru coco chips, nah trus akarnya juga masih pendek, jadi saya menyiram anggreknya seminggu sekali dulu, saat akar sudah banyak baru seminggu dua kali. Saat saya lihat coco chipsnya masih basah, tidak saya siram.

Baca juga: Perawatan Bunga Anggrek Phalaenopsis Supaya Rajin Berbunga

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close