Update Membuka Amplop Anggrek Cattleya

Update Membuka Amplop Anggrek Cattleya. Hai orchid lover, postingan ini adalah lanjutan dari judul sebelumnya Eksperimen Membuka Sheath Amplop Anggrek Cattleya. Seminggu setelah sheath amplop anggrek cattleya saya gunting/buka timbul bercak hitam pada seluruh bagian luar amplopnya.

Update Membuka Amplop Anggrek Cattleya

Entahlah mungkin terkena bakteri. Namun kalau saat itu tidak saya bantu buka amplop cattleyanya, amplopnya akan menjadi kering, waktu itu amplopnya sudah mulai berubah warna menjadi kecoklatan, sedangkan bulbnya masih tetap gemuk.

Tanda cattleya akan berbunga adalah bulbnya (pseudobulb) menjadi gemuk yang berarti ada isinya, yakni bakal spike. Pada saat begini mulai terlihat gemuk bulb dan ada isi amplopnya, maka berikanlah Pupuk NPK (nitrogen, fosfor, dan kalium) dimana kompisisi P nya lebih tinggi, guna P ini untuk pembentukan bunga.

Cattleya saya akhirnya bulbya bisa besar begitu, setelah saya berikan ramuan ajaib pupuk organik cair buatan sendiri, yakni air cucian beras bersama campuran bawang merah dan bawang putih. Sedikitnya sudah 6 bulanan saya berikan poc air cucian beras tersebut.

Kalau tertarik juga mengenai POC bisa tonton videku ini : POC Air Leri dan BMBP Menyuburkan Anggrek Seedling

POC ramuan penyubur anggrek bisa dibuat dari kulit bawang merah bawang putih atau pakai bawangnya. Kalau pakai kulit bawang, pupuknya dosis rendah, sedangkan dari bawangnya langsung dosis tinggi.

Baca juga: Punya Cattleya Mogok Berbunga? Intip 5 Trik Cara Membuat Cattleya Berbunga Kembali

Mari bergabung di grup anggrep supaya tambah pintar merawat anggrek, silakan di Grup Berbagi Tips Perawatan Anggrek

Video Update Membuka Sheath Amplop Anggrek Cattleya

Video dibuat pada 02 Oktober – 16 november 2018

Saya akan terus update perkembangan eksperimen membuka amplop anggrek cattleya. Satu amplop pot lain yang tidak saya buka, untunglah tidak menjadi kecolatan, masih hijau dan makin tebal bangian dalamnya, sayapun bisa melihat ada seperti tangkai spike. Harap-harap cemas, karena ini pengalaman pertama membungakan cattleya, setelah sejak beli mandek 3 tahun tanpa bunga. Jadi selama 3 tahun tersebut amplopnya banyak namun selalu kering sendiri.

Baca juga: Perawatan Bunga Anggrek Phalaenopsis Supaya Rajin Berbunga

One Comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Read more:
Close